Ankara (ANTARA) - Paus Fransiskus meminta masyarakat internasional untuk melakukan segala upaya demi menghentikan eskalasi mengerikan pasca serangan udara Israel yang menewaskan ratusan korban di Lebanon.

"Saya sedih mendengar berita yang dari Lebanon," kata Paus dalam audiensi umum di Vatikan pada Rabu, sambil menyampaikan harapan "bahwa masyarakat internasional akan melakukan segala upaya untuk menghentikan eskalasi yang mengerikan ini," yang disebutnya "tidak dapat diterima."

Fransiskus menyatakan kedekatan dengan rakyat Lebanon, yang disebutnya telah banyak menderita pada masa lalu.

Israel telah melancarkan gelombang serangan udara mematikan di Lebanon sejak Senin (23/9) pagi, hingga menewaskan hampir 570 korban dan melukai lebih dari 1.800 orang lainnya, menurut otoritas kesehatan Lebanon.

Kelompok Hizbullah dan Israel terlibat dalam perang lintas perbatasan sejak dimulainya perang Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 41.400 korban, menyusul serangan lintas perbatasan oleh Hamas pada 7 Oktober 2023.

Masyarakat internasional telah memperingatkan Israel atas serangannya ke Lebanon, yang meningkatkan kekhawatiran akan meluasnya konflik Gaza secara regional.


Sumber: Anadolu