Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Sergey Tolchenov membahas kemungkinan kerja sama di bidang olahraga antara kedua negara.

“Kami memiliki program-program keolahragaan dan kami harap bisa menjalin kerja sama dengan Indonesia,” kata Dubes Rusia untuk Indonesia Sergey Tolchenov dikutip dari keterangan resmi Kemenpora, Rabu.

Dubes Rusia untuk Indonesia Sergey Tolchenov menjelaskan mengenai kondisi olahraga di Rusia secara umum untuk saat ini, serta bagaimana Pemerintah Federasi Rusia melalui kementerian olahraga membangun dan mengembangkan olahraga.

Sergey turut membahas agenda peringatan hubungan diplomatik Federasi Rusia dengan Indonesia pada 2025. Dalam agenda tersebut, Pemerintah Federasi Rusia juga berniat mengadakan pertandingan olahraga persahabatan antara kedua negara.

Menpora Dito menyambut baik tawaran kerja sama dari Pemerintah Federasi Rusia tersebut. Menpora mengatakan Indonesia dan Rusia memiliki hubungan baik yang sudah terjalin lama, oleh sebab itu pengajuan kerja sama pada beberapa cabang olahraga ini tentunya merupakan sesuatu yang perlu ditindaklanjuti.

“Apalagi program-program yang disampaikan sudah spesifik,” sebut Menpora.

Menurut Menpora Dito, salah satu cabang olahraga yang menjadi perhatian untuk diperkenalkan lebih luas di Rusia adalah pencak silat. Hal ini mengingat Indonesia melalui Presiden terpilih Prabowo Subianto yang juga menjabat sebagai Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) mengupayakan olahraga bela diri asli Indonesia ini bisa dipertandingkan di Olimpiade.

Baca juga: Menpora sambut gembira Phil Handy melatih pelatih basket Indonesia

Menpora turut menyambut baik keinginan Rusia untuk mengadakan pertandingan olahraga persahabatan antara kedua negara. Pertandingan persahabatan ini diharapkan bukan hanya sepak bola, melainkan juga olahraga potensial lainnya seperti bola voli yang banyak diminati masyarakat Indonesia.

“Banyak yang bisa dikerjasamakan dengan Rusia. Untuk saat ini kita akan fokus pada program-program olahraga yang diajukan,” tegas Menpora Dito.

Turut hadir mendampingi Menpora Dito dalam pertemuan ini yaitu Staf Khusus Bidang Percepatan Inovasi Pemuda dan Olahraga Hasintya Saraswati dan Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional Chaerany Putri.

Baca juga: Dito dukung Sport Climbing Championship 2024 cetak atlet berprestasi
Baca juga: Menpora sebut pebasket Indonesia berkembang pesat