Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Barat (KPU Jakbar) menerima sebanyak 3.468 kotak dan 13.808 bilik suara di gudang penyimpanan logistik Rawa Lele, Kalideres, Jakarta Barat.

"Kotak dan bilik ini datang dalam rangkaian truk yang dikawal lewat tugas pengamanan dari pabrik dan sekarang, sudah tiba di gudang kota," kata Ketua KPU Jakbar Endang Istianti di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, selanjutnya ribuan kotak dan bilik suara itu akan disebar ke ke 3.452 tempat pemungutan suara (TPS) di daerah itu.

Namun, prosesnya, katanya, didahului ribuan kotak dan bilik suara itu akan disortir ulang untuk memeriksa kondisinya, apakah cacat atau rusak.

"Kita memastikan tidak ada yang cacat. Kalau ada yang cacat, kami akan konfirmasi langsung ke publik untuk mengirim penggantinya," kata Endang.

Baca juga: KPU Jakbar petakan tempat penyimpanan logistik Pilkada

Lebih lanjut, ia menyebutkan, logistik lain akan didatangkan pada gelombang berikutnya.

"Setelah itu akan datang logistik lainnya berupa tinta, kemudian nanti ada (alat tulis kantor) ATK-nya, ada kemudian plano, maupun formulir salinan," kata Endang.

Sebelumnya, KPU telah melakukan fumigasi atau pembasmian jamur dan rayap di Gudang Rawa Lele agar kualitas logistik tetap terjaga sampai dengan rangkaian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta selesai.

"Ada tindakan fumigasi juga, jadi sebelum barang ini datang, kami sudah melakukan fumigasi di gudang ini, memastikan tidak ada jamur dan rayap," kata Endang.

KPU Jabar telah menggunakan gudang itu sejak Pemilu 2024 karena bebas banjir dan aman.

Baca juga: KPU Jaktim menerima logistik kotak suara untuk Pilkada Jakarta

Sementara itu, data KPU DKI Jakarta menyebut, pada Rabu ini, gudang penyimpanan logistik Pilkada Jakarta di enam kota/kabupaten Jakarta, juga telah menerima total 14.920 kotak suara dan 59.328 bilik suara.