Jakarta (ANTARA) - Susu ikan digadabng-gadang dapat menjadi pilihan efektif untuk menggantikan susu sapi.
Namun, produk susu ikan yang belum populer membuat di masyarakat belum mengetahui kandungan gizi dalam susu ikan. Selain itu minimnya produsen susu ikan menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk mengenalkan produk ini ke masyarakat.

Susu ikan merupakan ikan yang diekstrak hingga menjadi Hodrolisat Protein Ikan (HPI), kemudian diolah teknologi modern dengan bahan tambahan lainnya agar menjadi produk yang dapat dikonsumsi berupa cairan atau serbuk.

Susu ikan sebenarnya bukan "susu" yang berasal dari proses pemerasan hewan mamalia. Istilah susu pada olahan ikan ini merupakan label untuk mudah dikenal oleh masyarakat luas.
Berikut ini Antara rangkum berbagai kandungan yang ada pada susu ikan, sehingga dapat mengetahui keamanan dalam mengonsumsinya bagi anak-anak hingga dewasa.

Kandungan susu ikan

Susu ikan mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Berbagai nutrisi ini memberikan manfaat bagi kesehatan, mulai untuk meningkatkan daya tahan tubuh maupun mendukung kesehatan tubuh. Berikut adalah kandungan yang terdapat dalam susu ikan.

1. Omega-3

Lemak omega-3 yang berasal dari ikan, sangat bagus untuk jantung dan perkembangan otak anak serta sistem saraf tubuh.

Jenis omega-3 yang terdapat dalam susu ikan yakni asam lemak eikosapentaenoat (EPA) dan asam lemak dokosaheksaenoat (DHA). Omenga-3 pada ikan memiliki kandungan lebih besar dibandingkan susu sapi.

Kandungan ini dapat menjaga tubuh dari penyakit jantung. Bahkan bagi yang memiliki penyakit kronis, sering disarankan untuk konsumsi omega-3 karena terdapat anti-inflamasi untuk mengurangi risikonya.

2. Tidak adanya laktosa

Pada susu ikan tidak terdapat laktosa atau gula alami dari asal bahan baku pokoknya yakni ikan. Sehingga aman untuk memiliki alergi susu sapi atau mengalami laktos intoleran.

3. Protein

Ikan memiliki banyak kandungan protein, terutama protein dan asam amino esensial sangat penting bagi pertumbuhan tubuh. Asam amino yang terkandung dalam ikan adalah lesin dan lisin.

Keunggulan dari protein yang dimiliki ikan lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga dapat cepat dalam meningkatkan pertumbuhan tubuh.

4. Vitamin dan mineral

Dalam susu ikan terdapat vitamain D, vitamin A, fosfor, vitamin B12, kalsium, magnesium yang lengkap memiliki gizi yang baik untuk kebugaran tubuh.

5. Kalsium

Hampir sama dengan susu sapi, pada susu ikan juga terdapat kandungan kalsium yang baik bagi kekuatan tulang pada tubuh, walaupun kandungan kalsiumnya tidak setinggi susu sapi.

Dari berbagai kandungan susu ikan tersebut, susu ikan dapat aman dikonsumsi bagi anak hingga orang dewasa untuk memenuhi kebutuhan gizi serta protein pada tubuh.