Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan Antoni Arif Priadi meminta semua jajarannya agar menyukseskan transportasi laut demi mendukung pertumbuhan dan kemajuan ekonomi bangsa.


“Kesuksesan transportasi laut akan mempengaruhi kemajuan perekonomian dan kesejahteraan bangsa, terutama dalam mendukung konektivitas dan distribusi logistik,” kata Antoni saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Laut Tahun 2024 di Bogor, Rabu.

Ia menyampaikan bahwa sebagai negara yang terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, keberadaan moda transportasi laut bagi Indonesia menjadi sangat krusial dalam memperlancar arus barang dan orang dari satu wilayah ke wilayah lain, hingga ke pelosok nusantara.

"Transportasi laut berperan sangat signifikan dalam berbagai program nasional," ujar Antoni dalam keterangan di Jakarta.

Menurutnya, kontribusi transportasi laut tidak hanya sebagai alat utama penghubung antarpulau, tetapi juga sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, perdagangan internasional, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat.

“Kinerja kita memberikan sumbangsih yang besar bagi negara Indonesia, mulai dari persiapan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), penyiapan armada kapal perintis, tol laut, ternak, dan rede sampai pada teknologi informasi yang menopang semangat kemajuan Indonesia dalam bidang logistik, baik nasional maupun internasional,” tambahnya.

Tuntutan kemajuan transportasi yang tinggi, menurut Antoni, membawa pemerintah untuk terus berinovasi dan memperbaiki pelayanan yang diberikan.

Melalui kegiatan Rakornis yang mengusung tema "Lalu Lintas Laut Melaju, Indonesia Maju," Antoni mengajak seluruh pihak baik pemerintah pusat, daerah maupun pemangku kepentingan untuk tetap menjaga sinergi dan kolaborasi.

Baginya, sinergi dan kolaborasi yang baik sangat penting untuk dilakukan, demi mewujudkan sektor transportasi laut yang berdaya saing.

“Saat ini adalah era kolaborasi. Saya minta kepada Kepala UPT di daerah untuk dapat bersinergi dengan akademisi, asosiasi, entitas bisnis, dan juga media. Kita sebagai regulator harus tetap rendah hati dan merangkul stakeholder serta, di sisi lain, responsif melayani masyarakat,” tegas Antoni.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Hartanto, mengungkapkan bahwa Rakornis tahun ini berfokus pada Visi Indonesia Emas 2045 yang menuntut peningkatan layanan dan percepatan pembangunan di sektor transportasi laut.

“Forum ini diharapkan dapat menjaga kesamaan pandangan dan komunikasi yang efektif antarpetugas di kantor penyelenggara pelabuhan di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Untuk itu, dia berharap bahwa hasil diskusi dalam Rakornis dapat diimplementasikan dengan baik di seluruh wilayah Indonesia.

Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, ungkapnya, sangat terbuka terhadap pandangan, saran, masukan, serta kritik yang disampaikan oleh pemangku kepentingan maupun masyarakat terhadap layanan yang diberikan.

"Saya berharap seluruh persoalan yang diangkat dalam Rakornis ini dapat diinventarisasi dan diselesaikan dengan solusi konkret, serta seluruh pembahasan dapat diimplementasikan di tingkat pusat maupun daerah," kata Hartanto.

Dalam rangkaian Rakornis, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Ditlala) memberikan enam kategori penghargaan bagi para pemangku kepentingan melalui LALA Awards 2024.

Pertama, perusahaan pelayaran dengan kapal berbendera Indonesia melayani angkutan luar negeri terbesar (Akumulasi GT) Tahun 2024, yakni PT Pertamina International Shipping.

Kedua, perusahaan pelayaran dengan jumlah kapal berbendera Indonesia terbanyak bekerja di luar negeri (Cross Trading), yakni PT Sumber Daya Cipta Alam.

Ketiga, dukungan penyediaan kapal phinisi untuk angkutan laut wisata di IKN 2024, yakni PT Wallacea Jalesveva Lestari.

Keempat, operator perawatan kapal terbaik tingkat UPT DJPL tahun 2024, yakni UPP Kelas III Tilamuta.

Kelima, operator perawatan kapal terbaik tingkat operator DJPL tahun 2024, yakni PT Lintas Samudera Globalindo.

Dan keenam, pelabuhan dengan pelayanan inaportnet tercepat tahun 2024, yakni UPP Kelas II Tana Paser.