Mamuju (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfopers) Provinsi Sulawesi Barat bersama Pemerintah Kabupaten Mamuju membuka akses internet gratis di Anjungan Pantai Manakarra.

"Pemprov Sulbar berkomitmen mendukung kemajuan Kabupaten Mamuju, termasuk dalam penyediaan akses informasi dan komunikasi publik," kata Kepala Diskominfopers Sulbar Mustari Mula, di Mamuju, Rabu.

Peluncuran penggunaan jaringan internet gratis yang didukung provider Icon Plus tersebut ditandai dengan penekanan sirene tepat di depan Gong Perdamaian di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju.

Mustari menyampaikan bahwa layanan internet gratis di kawasan Anjungan Pantai Manakarra Mamuju sebelumnya sudah pernah ada, namun sebagian infrastrukturnya mengalami kerusakan saat terjadi gempa pada 2021.

Diskominfo Sulbar bekerja sama Pemkab Mamuju serta Icon Plus mengaktifkan kembali layanan internet gratis tersebut dengan kapasitas bandwidth yang lebih maksimal.

Mustari berharap layanan internet gratis tersebut dapat dimanfaatkan secara sehat dan aman serta dipergunakan untuk hal-hal yang positif.

Baca juga: Sebanyak 29 titik di Kolaka Timur nikmati akses internet gratis

Pada kesempatan itu, Mustari juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Mamuju dan pihak PT Icon Plus atas kerja sama tersebut.

"Semoga ke depan, kerja sama ini lebih ditingkatkan dengan membuka layanan internet gratis di ruang-ruang publik lainnya dalam Kota Mamuju," katanya.

Sementara, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju Akhmad Taufiq menyampaikan penghargaan atas dukungan serta kerja sama dari Pemprov Sulbar dalam penyediaan jaringan internet gratis tersebut.

Ia berharap dengan adanya fasilitas tersebut dapat membawa manfaat terutama dalam mendorong produktivitas masyarakat di Kabupaten Mamuju.

Sedangkan, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bar telah membantu dalam penyediaan akses informasi yang memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

"Saya berharap dengan fasilitas tersebut dapat dirasakan manfaatnya, guna mendorong kemajuan Mamuju yang diharapkan bersama," kata Sutinah.

Baca juga: Diskominfo Bogor sediakan internet gratis di Rest Area Wisata Puncak
Baca juga: Warga pulau terluar Kepulauan Seribu nikmati layanan internet gratis