Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ducati Francesco "Pecco" Bagnaia menyebut momen kemenangannya di GP Mandalika 2023 jadi salah satu momen terbaiknya saat bersaing di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pembalap asal Italia tersebut juga mengungkapkan berkendara di hadapan ratusan penonton dengan pemandangan alam yang begitu indah menjadi salah satu momen yang tak terlupakan dari Sirkuit Mandalika.

"Saya pikir momen mengesankan ketika berkendara di (Mandalika) yaitu di depan para penggemar yang memiliki hasrat besar terhadap pekerjaan kami. Dan Anda mengendarai di tempat yang sangat bagus, karena Anda melihat ke laut, itu sangat bagus dan tata letaknya fantastis," ujar Pecco dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

"Ingatan terbaik saya pasti adalah kemenangan dari tahun lalu. Itu bukan momen yang ideal bagi kami setelah hasil saya di GP Barcelona, tetapi kemenangan itu memberi kami banyak motivasi. Jadi ini adalah momen yang paling luar biasa," imbuh pembalap berusia 27 tahun tersebut.

Baca juga: Pecco ingin raih posisi start yang lebih baik di GP Mandalika

Pecco berharap mampu mendapatkan starting grid yang lebih baik dari dua musim sebelumnya saat bertanding di Sirkuit Mandalika nanti.

Pembalap yang meraih dua gelar juara MotoGP tersebut memang tak mendapatkan posisi start yang terlalu bagus di dua seri Mandalika sebelumnya setelah memulai balapan di posisi keenam pada 2022 dan posisi ke-13 pada 2023.

Namun Pecco mampu menunjukkan bahwa mampu menaklukkan Sirkuit Mandalika setelah pada 2022 finis di posisi ketiga dan meraih gelar juara GP Mandalika pada 2023.

Pecco mengatakan sektor dua menjadi sektor favoritnya saat melakoni balapan di GP Mandalika karena begitu lurus dan menunjang kecepatan motornya.

"Saya harus mengatakan di sektor dua (dengan) dua sudut terakhir (tikungan) karena kami memiliki perjalanan lurus. Anda tidak bisa mengerem terlalu keras karena sudut yang ramping dan cukup longgar. Kemudian yang terakhir adalah sudut yang sangat dekat. Kemudian sangat tajam. Jadi itu sulit," ujar Pecco.

Balapan GP Mandalika yang berlangsung di Sirkuit Mandalika akan berlangsung pada Minggu (29/9) sedangkan untuk sesi kualifikasi berlangsung pada Sabtu (28/9).

Baca juga: Daftar 12 pembalap yang ramaikan parade MotoGP Mandalika

Baca juga: Daftar pembalap motor Indonesia yang tampil di Sirkuit MotoGP Mandalika 2024

Baca juga: Jadwal balapan MotoGP Mandalika 27 - 29 September 2024