Beijing (ANTARA) - China menyempurnakan pedoman pengobatan obesitas untuk institusi medis swasta seiring kenaikan tingkat obesitas yang mengancam kesehatan masyarakat dari segala usia.

Menurut laporan dari Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China pada 2020, sebanyak 34,3 persen warga dewasa di negara itu mengalami kelebihan berat badan dan 16,4 persen lainnya menderita obesitas. Penelitian itu memprediksi bahwa tingkat kelebihan berat badan dan obesitas pada warga dewasa di China dapat mencapai 65,3 persen per 2030.

Anak-anak di China juga menghadapi tantangan berat badan yang signifikan. Saat ini, sekitar 19 persen warga berusia 6 hingga 17 tahun dan 10,4 persen anak-anak di bawah usia enam tahun mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Seiring dengan kian beragamnya pilihan pengobatan terkait obesitas, semakin banyak pasien beralih ke penyedia perawatan kesehatan untuk mendapatkan rencana pengobatan profesional. Pengobatan, intervensi bedah, dan perubahan gaya hidup merupakan beberapa contoh dari opsi tersebut.

Sebuah inisiatif baru telah membentuk pusat manajemen berat badan untuk menawarkan panduan dari para ahli kepada fasilitas-fasilitas perawatan kesehatan swasta yang menyediakan layanan penurunan berat badan, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mendiagnosis dan mengobati obesitas.

Obesitas dianggap sebagai pemicu penting dari berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes dan kanker. Ini merupakan hambatan utama dalam mewujudkan tujuan kesehatan jangka panjang China, yakni meningkatkan rata-rata usia harapan hidup di negara itu menjadi 79 tahun per 2030, seperti yang dicanangkan dalam Garis Besar China Sehat (Outline of Healthy China) 2030.

Untuk memerangi tingkat obesitas yang semakin meningkat, China memperkenalkan serangkaian inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat perihal manajemen berat badan dan pentingnya menjaga gaya hidup sehat.

Pada Februari 2024, NHC merilis seperangkat pedoman diet untuk menawarkan saran terkait pilihan makanan dan memberikan resep yang disesuaikan dengan berbagai kebiasaan diet di berbagai daerah di China.