Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pembangunan kampus Australian Independent School (AIS) Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur menunjukkan komitmen pemerintah untuk menghadirkan pendidikan kelas dunia di IKN.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini kita akan kembali melakukan groundbreaking untuk pembangunan sekolah internasional di Ibu Kota Nusantara, Australian Independent School (AIS) Nusantara," kata Presiden dalam sambutannya saat peletakan baru pertama atau groundbreaking kampus tersebut di kawasan IKN, Rabu, disaksikan melalui tayangan langsung YouTube Sekretariat Presiden dari Jakarta.

Presiden memaparkan kampus AIS Nusantara tersebut dibangun di atas lahan 7.900 meter persegi dan siap menampung kurang lebih 750 siswa dari mulai pre-school sampai ke jenjang high school (SMA)

"Fasilitasnya lengkap berstandar internasional, ruang belajarnya juga berstandar internasional dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini soccer, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan bulu tangkis lapangan voli, kolam renang semi olympic dan auditorium berkapasitas 250 orang," kata Presiden.

Baca juga: Jokowi "groundbreaking" proyek resor mewah senilai Rp300 miliar di IKN
Baca juga: Presiden perintahkan Menhub ubah status Bandara IKN jadi komersial


Ia mengatakan kehadiran AIS Nusantara menunjukkan keseriusan dan komitmen pemerintah untuk menyediakan berbagai fasilitas pendukung berkelas internasional di IKN, termasuk lembaga pendidikan internasional.

"Saya berharap AIS dengan reputasi dan rekam jejak selama 28 tahun di bidang pendidikan dapat betul-betul menyelenggarakan pendidikan berkelas dunia di IKN ini, mempromosikan pendidikan global berkelas tinggi di Nusantara, dan memberikan pilihan pendidikan yang bermutu bagi warga di Ibu Kota Nusantara yang berasal dari berbagai daerah, berasal dari berbagai negara dan berbagai latar belakang," ucapnya.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pembangunan Australian Independent School Nusantara saya nyatakan dimulai," ucap Jokowi menutup sambutannya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara itu, yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani, Plt. Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, dan Principal Australian Independent School Jakarta Craig Eldred.

Baca juga: Jokowi sebut investasi di ibu kota baru Indonesia membeli masa depan
Baca juga: Presiden sebut pendaratan perdananya di Bandara Nusantara IKN mulus