Jakarta (ANTARA) - Penyakit ain adalah penyakit yang timbul karena adanya pandangan jahat yang menyiratkan perasaan iri dan dengki. Islam meyakini adanya istilah penyakit ain yang tidak dikenal di dunia medis.

Lantas apa itu penyakit ain? dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW pun menegaskan bahwa penyakit ain itu nyata, sebagai berikut:

الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَىْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ

Artinya: “Ain itu nyata (Haq), kalau saja ada sesuatu yang mendahului takdir, niscaya ‘ain akan mendahuluinya” (HR Muslim).

Penyakit ain merupakan sebuah penyakit atau gangguan non-medis yang disebabkan oleh pandangan mata yang kagum terhadap sesuatu secara berlebihan yang dipengaruhi sifat jahat.

Ain ini berupa gangguan yang disebabkan dari pandangan mata yang diikuti respons jiwa negatif. Hal dijelaskan dalam Fatwa Al Lajnah Ad Daimah:

“‘Ain dari kata ‘aana – ya’iinu yang artinya: terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respon jiwa yang negatif, lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut” (Fatawa Al Lajnah Ad Daimah, 1/271).

Penyakit ain disebabkan oleh pada pandangan seseorang yang dalam hatinya terdapat rasa hasud, dengki, dan niat jahat terhadap orang yang dipandangnya. Salah satu ciri orang yang memiliki pandangan ain merasakan panas saat melihat hal-hal yang mengagumkan dalam pandangan matanya.

Ain juga merujuk pada pandangan kekaguman atau ketakjuban seseorang namun tidak disertai dengan berdzikir pada Allah, dilansir NU Online. Penyakit ain ini dimanfaatkan oleh jin atau setan untuk mempengaruhi manusia, melalui rasa iri serta dengki atau kekaguman yang berlebihan lewat pandangan seseorang.

Sehingga pandangan ain ini menimbulkan perasaan dan pikiran yang berdampak negatif bagi kesehatan. Efek dari terkena pandangan ain ini bisa membuat orang yang dipandang terserang sakit atau celaka.

Baca juga: Apa itu pawang hujan dan hukumnya dalam Islam?

Baca juga: Menonton film porno dosa? Ini hukumnya dalam Islam

Baca juga: Pandangan Islam terkait orang yang tidak membayar utang