Natuna (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggunakan kapal laut swasta untuk mendistribusikan logistik Pilkada 2024 tahap pertama ke jajarannya di wilayah perbatasan yakni Kabupaten Natuna.

Ketua KPU Kabupaten Natuna Kusnaidi di Natuna, Selasa, mengatakan logistik yang dikirim sudah tiba dan disimpan di gudang logistik KPU Natuna di Jalan Pramuka, Kecamatan Bunguran Timur.

Ia menyebut, logistik dikirim dari Kota Tanjungpinang pada Kamis (19/9/2024) dan telah tiba di Natuna tepatnya di Kecamatan Bunguran Barat pada Minggu (22/9/2024).

"Logistik yang kita terima ada tiga jenis yakni tinta, kabel ties dan segel," ucap dia.

Ia menerangkan dalam proses pendistribusian KPU bekerjasama dengan salah satu ekspedisi, dan penyebab logistik baru bisa dibawa ke gudang KPU Natuna dikarenakan logistik dikirimkan dengan kapal swasta yang juga membawa kebutuhan pokok untuk Natuna dan tempat sandar pertama kapal tersebut di Sedanau, yang berbeda pulau dengan gudang KPU Natuna.

"Tepat pukul 08.00 WIB pada Selasa (24/9), kami jemput langsung di Pelabuhan Binjai, bersama pihak kepolisian, TNI, Kejaksaan, Satpol PP, dan Bawaslu dan langsung dibawa ke Gudang Logistik KPU Natuna," ujar dia.

Menurut dia, untuk tiba ke gudang, logistik diangkut menggunakan kapal sebanyak dua kali, pengangkutan pertama menggunakan kapal barang dengan rute Tanjungpinang-Sedanau (Natuna), setelah itu dilanjutkan dengan kapal cepat ke pelabuhan terdekat dengan pulau yang setanah dengan gudang logistik KPU Natuna dan kemudian dilanjutkan dibawa menggunakan kendaraan roda empat menuju gudang logistik.

"Untuk tahap pertama ini kita terima 284 tinta, kabel ties 2.328, dan 7.469 segel," ujar dia.

Ia menyebut tahap berikutnya, pihaknya akan menerima logistik bilik suara dan kotak suara, yang kini telah siap untuk dikirimkan ke Natuna.

"Semua logistik dalam keadaan baik dan sudah kita simpan di gudang," ucap dia.

Baca juga: KPU DKI ingatkan paslon agar kampanye bertanggung jawab
Baca juga: KPU Banyumas deklarasi damai bersama satu paslon peserta Pilkada 2024