Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta menggelar donor darah untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 yang jatuh pada Sabtu (28/9) mendatang.

"Target untuk saat ini 250 kantong darah, 100 kantong di Stasiun Cikini atau Kantor Daop 1 Jakarta, dan tiga stasiun lainnya masing-masing 50 kantong," kata Manajer Hubungan Masyarakat (Humas) KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Ixfan menjelaskan KAI menggelar aksi donor darah di empat stasiun, yaitu Stasiun Cikini, Rangkasbitung, Cikampek, dan Sukabumi pada hari ini.

Hal tersebut, menurutnya, sebagai bentuk komitmen mendukung pemerintah di bidang kesehatan serta turut membantu pasokan kebutuhan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) yang akan diberikan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: KAI larang masyarakat beraktivitas di jalur rel demi keselamatan

Baca juga: Daop 1 Jakarta jelaskan kronologi lansia tertabrak Kereta Api Dinas


"Kegiatan sosial kemanusiaan yang dilakukan oleh KAI Daop 1 Jakarta ini juga untuk mendukung program pemerintah dalam bidang kesehatan untuk menyelamatkan nyawa masyarakat yang membutuhkan secara berkelanjutan," ujar dia.

Ia mengemukakan, petugas medis yang diturunkan sebanyak 20 orang dari PMI Kota Bekasi, Kota Karawang, Kabupaten Lebak, Kota Sukabumi, dan 12 orang dari unit kesehatan KAI Daop 1 Jakarta.

Kegiatan donor darah tersebut diikuti oleh sebagian besar pegawai KAI di wilayah Daop 1 juga masyarakat umum. Ke depan, Ixfan berharap akan lebih banyak masyarakat yang terlibat mendonorkan darahnya untuk menyelamatkan nyawa sesama.

"Semoga dengan kegiatan donor darah yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan tersebut dapat membantu saudara kita yang membutuhkan bantuan transfusi darah," demikian Ixfan Hendriwintoko.*

Baca juga: KAI Daop 1 Jakarta tekankan pentingnya dedikasi pegawai jalankan tugas

Baca juga: Sejarah Stasiun Kereta Api Bandung