Jakarta (ANTARA) - PT Hotel Indonesia Natour atau Injourney Hospitality mengadakan donor darah dan pemeriksaan kesehatan secara gratis untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-62 pada tahun 2024, sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan implementasi dari salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan untuk menghadirkan manfaat dan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar," kata Direktur Utama Injourney Hospitality Christine Hutabarat dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Injourney Hospitality menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan, di antaranya InJourney Hospitality Peduli Kesehatan. Kegiatan itu dalam rangka memperingati HUT yang ke-62 bertema "Adaptability & Agility for Sustainable Growth".

"InJourney Hospitality Peduli Kesehatan ini ditandai dengan pelaksanaan kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan secara gratis yang diselenggarakan di Grha Inna, Kantor Injourney Hospitality," ujarnya.

Kegiatan itu tidak hanya diikuti karyawan Injourney Hospitality beserta anak perusahaan, namun juga mitra serta masyarakat umum sekitar. Tercatat, sebanyak 60 orang mendaftarkan diri untuk berpartisipasi.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan berkolaborasi bersama Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan sekaligus kontribusi terhadap masyarakat.

Selain donor darah, InJourney Hospitality peduli kesehatan juga menghadirkan pemeriksaan mata, pemeriksaan kesehatan meliputi gula darah, tekanan darah, kolesterol, serta konsultasi medis secara gratis.

Selain itu, berkolaborasi bersama PT Bio Farma (Persero), InJourney Hospitality menghadirkan Test HPV bernama Serviscan untuk deteksi dini terhadap Human Papillomavirus (HPV) penyebab kanker serviks melalui pemeriksaan urine untuk karyawan perempuan.

Ia menuturkan bahwa kolaborasi itu merupakan wujud semangat gotong-royong dalam memperbaiki kesehatan masyarakat.

Dia berharap stok darah yang terkumpul melalui kegiatan itu dapat membantu pasien-pasien di rumah sakit yang sangat membutuhkan transfusi darah.

"Injourney Hospitality peduli kesehatan merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan untuk terus mendukung kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Ia menegaskan bahwa melalui kolaborasi dengan PMI dan PT Bio Farma (Persero), kegiatan itu dapat memberikan kontribusi positif dan berkelanjutan pada peningkatan kesehatan masyarakat serta menumbuhkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama.

Seorang warga melaksanakan pemeriksaan kesehatan mata yang diselenggarakan oleh Injourney Hospitality di Jakarta, Selasa (24/9/2024). ANTARA/HO-Humas Injourney Hospitality

Injourney Hospitality berharap aksi sosial ini dapat memberikan manfaat positif dan berkelanjutan bagi seluruh pihak yang terlibat.

"Partisipasi aktif dari masyarakat dan karyawan juga menjadi cerminan dari kepedulian dan semangat sosial yang selalu dijunjung tinggi oleh perusahaan," kata Christine.

Perwakilan PMI Pusat Ida menyampaikan apresiasi dan berterima kasih atas dukungan Injourney Hospitality dalam penyediaan stok darah.

Dia berharap kegiatan donor darah tersebut mampu membantu memenuhi kebutuhan darah di berbagai rumah sakit, terutama untuk pasien-pasien yang membutuhkan transfusi secara mendesak.

"Kami berharap inisiatif seperti ini konsisten dilakukan secara berkelanjutan," kata Ida.

Ira Anggraini, salah satu anggota masyarakat sekitar yang berpartisipasi dalam donor darah dan pemeriksaan kesehatan mengaku sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut.

"Saya juga bisa ikut pemeriksaan kesehatan dan mata gratis, sangat bermanfaat terutama bagi kami yang jarang memiliki kesempatan untuk melakukan cek kesehatan rutin. Saya berharap kegiatan sosial seperti ini dapat rutin dilakukan," kata Ira.

Baca juga: InJourney Hospitality dan Unibraw kembangkan pendidikan SDM pariwisata
Baca juga: InJourney Hospitality: Okupansi jaringan HIG meningkat signifikan
Baca juga: InJourney Hospitality: Okupansi jaringan HIG meningkat signifikan