Jakarta (ANTARA) - Setelah Pekan Olahraga Nasional (PON), Indonesia menyelenggarakan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) yang tahun ini diadakan di Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada 6 - 13 Oktober 2024, dengan total 20 cabang olahraga akan dipertandingkan pada ajang empat tahunan ini.

Peparnas sendiri merupakan ajang kompetisi olahraga seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) bagi atlet-atlet disabilitas, termasuk atlet yang memiliki disabilitas fisik, visual dan intelektual.

Peparnas memiliki tujuan utama sebagai ajang kompetisi olahraga untuk memberikan kesempatan yang sama bagi para atlet penyandang disabilitas di Indonesia.

Terdapat beberapa perbedaan yang membedakan antara PON dengan Peparnas, mulai dari pembagian kategori dan teknis pertandingan yang disesuaikan dengan kondisi fisik dan kekurangan atlet.

Para atlet peserta Peparnas akan mewakili provinsi dan NPC Pengprov masing-masing daerah. Cabang olahraga yang dipertandingkan pada Peparnas merupakan cabang olahraga yang telah ditetapkan oleh IPC (Internasional Paralympic Comittee).

Saat ini, cabang olahraga resmi yang terdaftar dalam IPC berjumlah 26 cabang olahraga. Sementara untuk Peparnas tahun ini hanya mempertandingkan total 20 cabang olahraga saja.

Apa saja cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Peparnas 2024? Simak daftarnya di bawah ini:

1. Panahan
2. Atletik
3. Bulutangkis
4. Boccia
5. Catur
6. Bapa sepeda
7. Sepak bola
8. Goalball
9. Judo
10. Angkat berat
11. Menembak
12. Voli duduk
13. Renang
14. Taekwondo
15. Tenis meja
16. Tenpin bowling
17. Anggar kursi roda
18. Basket kursi roda
19. Tenis kursi roda
20. E-Sports

Nantinya seluruh cabor tersebut akan dipertandingkan mulai 6 - 13 Oktober 2024 di beberapa venue, yaitu Stadion Manahan, Stadion Sriwedari (atletik), Lapangan Kota Barat (panahan ), Edutorium UMS (bulutangkis), GOR FKOR UNS (boccia), Hotel Lor In Dwangsa (catur), Velodrome Manahan (sepeda balap track), Jalan Komplek Pemda (sepeda balap road), Stadion UNS (sepak bola), GOR UNS Kentingan (goalball), Swiss Belinn Saripetojo (judo), The Sunan Hotel (angkat berat), Harris Hotel (Menembak), GOR UTP Plesungan (voli duduk), Kolam Renang Intanpari (renang), Auditorium UNS (taekwondo), GOR Bung Karno (tenis meja), Bengawan Sport Center (tenpin bowling), Hotel Adhiwangsa (anggar kursi roda), Lapangan Tenis Manahan (tenis kursi roda), GOR Sritex Arena (basket kursi roda), dan Solia Zigna (E-Sports).


Baca juga: Makna di balik maskot dan logo Peparnas 2024

Baca juga: Sejarah Peparnas dan daftar tuan rumah setiap edisi

Baca juga: Mendagri ajak semua pihak sukseskan Peparnas XVII Solo 2024