Surabaya (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengajak seluruh kontestan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 menghindari ujaran kebencian dan hoaks selama masa kampanye mulai 25 September hingga 23 November.

"Minta pada semua pihak untuk menghindari cara-cara yang tidak terpuji dan ujaran kebencian, hoaks, serta hal yang bisa berdampak berpotensi terhadap perpecahan di masyarakat," kata Adhy dalam sambutan pada acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Surabaya, Selasa.

Adhy juga meminta pada aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri untuk menjunjung tinggi netralitas pada setiap pelaksanaan tahapan Pilkada Jawa Timur 2024.

"Kepada seluruh masyarakat Jawa Timur yang telah memiliki hak pilih, mohon untuk bisa menikmati seluruh rangkaian pesta demokrasi ini, menyimak semua gagasan, konsep dalam kontestasi masa kampanye ini," tuturnya.

Baca juga: Tiga paslon kepala daerah Jatim sepakat jaga proses demokrasi

Adhy juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya sebagai kontribusi bagi pembangunan Jawa Timur.

"Kami optimistis Pilkada Jawa Timur dapat berjalan dengan damai, aman dan tertib. Budaya ini penting sebab kesuksesan pilkada ini tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara dan peserta, namun juga seluruh pihak dan masyarakat," ujarnya.

Deklarasi kampanye damai yang dihadiri tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu dimeriahkan sejumlah kesenian khas Jawa Timur dan marching band.

Baca juga: KPU Jatim tetapkan nomor urut pasangan calon Pilkada 2024

Selanjutnya, tiga pasangan calon menorehkan tinta di papan "Buktikan Tintamu Padaku" sebagai simbol partisipasi demokrasi di Jawa Timur.

Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkontestasi pada Pilkada Jatim 2024 adalah Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim (nomor urut 1), Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (nomor urut 2), dan Tri Rismaharini-K.H. Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans (nomor urut 3).

Berdasarkan jadwal, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Baca juga: Polda Jatim terjunkan 113 personel jadi walpri pada Pilkada 2024
Baca juga: KPU Jatim umumkan DPT pilkada sebanyak 31.280.418 pemilih