Gorontalo (ANTARA) - Dua remaja perwakilan Provinsi Gorontalo, Mohamad Hefsi Syahrindra Ina dan Anindya Prananda Ishak berhasil meraih juara dua dalam ajang bergengsi Duta GenRe Indonesia tahun 2024.

Ketua Forum GenRe Provinsi Gorontalo Adi Junaidi Rahman Daud di Gorontalo Selasa mengatakan, kedua wakil Gorontalo itu juga dinobatkan sebagai Duta GenRe berprestasi pada Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas tingkat nasional GenRe Indonesia 2024 yang digelar di Badung Bali pada Jumat (20/9).

"Perjalanan menuju prestasi ini tidaklah mudah. Begitu banyak lika-liku dan tantangan yang harus dilalui, namun berkat kerja keras dan ketekunan, mereka mampu mencapai posisi yang luar biasa ini," katanya.

Ia menekankan pentingnya kerja sama dan dukungan dari berbagai institusi dalam kesuksesan tersebut. Tidak hanya usaha pribadi dari Hefsi dan Anindya, melainkan juga hasil dari kolaborasi banyak pihak yang terlibat.

"Prestasi ini adalah hasil kerja keras tim. Forum GenRe Provinsi Gorontalo, BKKBN provinsi, OPD KB di tingkat kabupaten/kota, serta berbagai dinas dan lembaga mitra kerja telah berkontribusi besar dalam keberhasilan ini," kata Adi.

Menurut dia, semua pihak bekerja sama untuk menciptakan ruang bagi remaja-remaja di Provinsi Gorontalo agar bisa berkontribusi secara aktif dan inovatif bagi masyarakat.

Adi juga menyoroti pentingnya Adujak GenRe sebagai wadah bagi para remaja untuk menunjukkan potensi mereka di skala nasional.

"Ajang ini bukan sekadar kompetisi, tetapi merupakan puncak dari serangkaian proses pembinaan dan seleksi yang telah dilakukan di berbagai daerah," katanya.

Pada ajang itu, katanya, para peserta tidak hanya diukur dari kemampuan mereka dalam menyampaikan gagasan, tetapi juga dari kesungguhan mereka menjadi agen perubahan di masyarakat.

"Mereka diharapkan mampu menjadi panutan, khususnya dalam hal kesehatan reproduksi, perencanaan kehidupan berkeluarga, dan pencegahan stunting, yang semuanya adalah isu penting bagi masa depan bangsa," katanya.

Pada ajang Duta Genre Indonesia tahun 2024 itu Hefsi Syahrindra Ina menampilkan program inovatif bertajuk GenRe Beraksi bersama PIK-R (GEBRAK-PIK). Program itu merupakan inisiatif yang memadukan edukasi dengan inovasi, bertujuan untuk memberdayakan remaja dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat.

Hefsi mengedepankan pentingnya kolaborasi dan pemberdayaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) untuk meningkatkan kesadaran serta partisipasi aktif kaum muda dalam isu-isu sosial yang relevan, terutama dalam upaya pencegahan perilaku berisiko di kalangan remaja.

Sementara itu, Anindya Prananda Ishak membawa tiga program unggulannya, yaitu Aksi Pekan Aja, yang berfokus pada penurunan angka stunting melalui pendekatan partisipatif. Program selanjutnya Celengan Koin Itu Penting, sebuah gerakan yang bertujuan mencegah stunting dengan menggalang dana dan kesadaran dari masyarakat.

Serta 1.000 Kata Generasi Berencana, yang menjadi wadah bagi para remaja Gorontalo untuk berbagi cerita inspiratif dan membangun semangat dalam perencanaan hidup yang lebih baik.