Makassar (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi kontribusi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dalam upaya mencetak wirausahawan melalui program Wirausaha Merdeka (WMK).

Unismuh Makassar dalam tiga tahun terakhir selalu dipercaya melaksanakan WMK, program Kemendikbudristek yang berorientasi pada pengembangan pembelajaran wirausaha yang mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong pengalaman wirausaha dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa.

Ketua Tim Power WMK Kemendikbudristek Dr Nila Tristiarini pada pembukaan WMK di Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar, Selasa, mengatakan kampus tersebut telah melahirkan ribuan wirausaha muda melalui program WMK.

Baca juga: Kemendikbudristek terbitkan izin S3 Agribisnis Unismuh Makassar

Pemerintah, lanjut dia, melalui Kemendikbudristek menyadari banyaknya alumni kampus yang menganggur, sehingga program WMK yang merupakan program unggulan MBKM ini diluncurkan.

"Karena telah menjadi kampus penyelenggara selama tiga tahun, artinya Unismuh Makassar berkontribusi besar dalam pencapaian visi pemerintah,” ujarnya.

Pada tahun 2022, Unismuh membina 1.006 mahasiswa peserta WMK, pada 2023 membina sebanyak 550 peserta, dan pada tahun 2024 membina sebanyak 597 peserta. Jadi, pada akhir program WMK 2024, Unismuh telah mencetak sebanyak 2.153 calon pengusaha.

Nila menjelaskan tiga tahapan program WMK. Pertama, tahap Pre-Immersion, di mana peserta WMK akan ditingkatkan kompetensinya dalam mengubah pola pikir dan keterampilan kewirausahaan.

Baca juga: Unismuh Makassar loloskan 11 proposal bisnis P2MW Kemendikbudristek

Kedua tahap Immersion di mana mahasiswa akan belajar langsung di UKM mitra untuk memahami proses bisnis dan menyusun prototipe usaha.

Tahap terakhir, Post-Immersion, di mana mahasiswa akan memvalidasi rencana bisnisnya langsung ke pasar dan bertemu dengan calon pelanggan.

"Ketiga tahapan tersebut akan dilaksanakan hingga Desember 2024," katanya.

Nila menitipkan ratusan peserta WMK tahun ini agar diberi pembinaan yang masif.

Baca juga: Unismuh Makassar seleksi 700 Wirausaha Merdeka Kemendikbudristek

“Yang luar biasa adalah Unismuh Makassar mendapat peserta terbanyak WMK dari 38 perguruan tinggi yang menjalankan program ini. Oleh karena itu, kami menitipkan 597 peserta calon wirausaha muda Indonesia agar mereka mendapatkan pengalaman praktis, tak hanya teori,” ujar Nila.