Jakarta (ANTARA) - Bintang Philadelphia 76ers, Joel Embiid, telah menyetujui perpanjangan kontrak baru maksimal selama tiga tahun senilai 192,9 juta dolar AS, yang membuat total pendapatannya mencapai 299,5 juta dolar AS hingga musim 2028-2029, demikian menurut laporan ESPN.

Kesepakatan tersebut menjadikan Embiid salah satu pemain dengan pendapatan tertinggi dalam sejarah NBA.

Pengumuman resmi perpanjangan kontrak tersebut disampaikan oleh Embiid dalam akun media sosial Instagram pribadinya. Dalam pernyataannya, Embiid menegaskan keinginannya untuk tetap bersama Philadelphia 76ers hingga akhir kariernya.

"Philadelphia adalah rumah. Saya ingin berada di sini sepanjang karier saya," tulis Embiid melalui akun Instagram.

"Saya mencintai komunitas ini dan semua yang telah kalian berikan kepada saya dan keluarga saya. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Kalian pantas mendapatkan gelar juara, dan saya yakin ini baru permulaan!"

Baca juga: Embiid kembali, cetak 50 poin untuk kemenangan 76ers atas Knicks

Dengan kontrak baru ini, Embiid akan menolak opsi perpanjangan pemain dari kontrak sebelumnya senilai 59 juta dolar AS untuk musim 2026-2027. Sebagai gantinya, ia akan menandatangani perpanjangan kontrak yang akan membuatnya mendapatkan 69 juta dolar AS pada tahun terakhir kesepakatan tersebut.

Total pendapatan karier Embiid akan membengkak menjadi 514,8 juta dolar AS, menempatkannya sebagai pemain dengan pendapatan keempat tertinggi dalam sejarah NBA, di bawah LeBron James, Stephen Curry, dan Paul George.

Philadelphia 76ers juga mengumumkan perpanjangan kontrak Embiid secara resmi, meskipun tanpa merinci detail kontraknya. Mitra Pelaksana dari grup kepemilikan 76ers, Josh Harris, dalam pernyataannya menyebut Embiid sebagai "salah satu pemain terhebat dalam sejarah 76ers" yang "menuju menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah ada dalam sejarah NBA.

"Kami sangat gembira bahwa perpanjangan ini membuat Embiid dan keluarganya tetap di Philadelphia selama bertahun-tahun," kata Harris.

"Dia adalah pemain elite dengan kemampuan dua arah yang luar biasa, memiliki ukuran, kekuatan, dan atletisme yang jarang terlihat di liga ini. Dia adalah bagian integral dari upaya kami untuk meraih gelar NBA, dan kami merasa terhormat dia terus memilih organisasi ini sebagai rumahnya di NBA," tutupnya.

Baca juga: Joel Embiid dicemooh fans Prancis selama laga Olimpiade Paris
Baca juga: Embiid kecewa pada penggemar ketika kalah dari Knicks