Jambi (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Provinsi Jambi menambah layanan kesehatan onkologi dan gedung radiologi yang dapat digunakan untuk penanganan pasien kanker.

Gubernur Provinsi Jambi Al Haris di Jambi, Selasa, mengatakan keberadaan gedung radiologi dan pusat layanan kesehatan onkologi radiasi RSUD Raden Mattaher dapat dimanfaatkan oleh pasien tanpa harus merujuk ke rumah sakit lain di luar Jambi.

Gedung radiologi dan pusat pelayanan kesehatan onkologi pertama di Jambi ini menjadi layanan tambahan di bidang kesehatan, khususnya untuk pasien dengan keluhan penyakit tumor atau kanker.

Pihaknya berharap, kesiapan dari SDM serta pemeliharaan alat tetap dijaga, sehingga dapat digunakan dengan baik.

Baca juga: Presiden Jokowi kunjungi RSUD di Jambi, cek infrastruktur dan alkes

“Kita sudah meresmikan pemakaian gedung radiologi yakni gedung baru di dalamnya sudah lengkap alat khusus untuk merawat pasien-pasien terkena kanker, tumor dan sebagainya," katanya.

Layanan ini, kata dia, menjadi yang pertama di Jambi dan menjadi rujukan bagi semua rumah sakit di daerah ini.

Terkait pengoperasian layanan ini, Haris meminta dapat dilakukan secepatnya sehingga pasien dapat menikmati layanan kesehatan ini.

Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi Herlambang menyebutkan fasilitas dan layanan ini merupakan tonggak penting dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya bidang penanganan penyakit kanker .

"Gedung radioterapi ini diharapkan menjadi solusi bagi pasien yang membutuhkan terapi radiasi," katanya.

Kehadiran fasilitas ini, kata Herlambang, sebagai komitmen untuk memberi pelayanan terbaik dan berteknologi yang dapat mendukung pemulihan pasien.

Baca juga: RSUD Abdul Manaf Kota Jambi sediakan ruang khusus gangguan pernapasan
Baca juga: Dokter spesialis di RSUD Jambi belum memadai