Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung peningkatan konektivitas wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil lewat pemberian bantuan dermaga apung kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Timur, guna mendukung wisata hiu paus di wilayah tersebut.

“Tahun ini KKP memberikan bantuan dermaga apung di taman wisata hiu paus Desa Labuhan Jambu, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa. Dermaga apung ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas wisata dan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana kita menjaga laut,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut (PKRL) KKP Victor Gustaaf Manoppo di Jakarta, Senin.

Selain untuk wisata dan edukasi, ia berharap, keberadaan dermaga apung dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbawa Rahmat Hidayat menilai dermaga apung dapat mendukung penataan dan pendataan aktivitas wisata di Desa Labuhan Jambu, sekaligus memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

“Dengan dibangunnya dermaga apung ini, proses pemberangkatan wisatawan untuk menuju lokasi wisata hiu paus yang sebelumnya diberangkatkan dari tempat-tempat penginapan di sepanjang pesisir pantai Desa Labuhan Jambu ke depannya akan difokuskan di satu titik keberangkatan yaitu di lokasi dermaga apung yang telah dibangun KKP,” ujarnya.

Baca juga: PUPR siapkan jembatan apung meriahkan festival Cisadane

Sejalan dengan itu, salah satu tokoh daerah Sumbawa yang juga inisiator pengembangan kawasan wisata Pantai Gelora, Fahri Hamzah, menyebut dermaga apung bisa mendukung terjalin kerja sama lintas sektor demi menghidupkan ekonomi di pesisir.

Ia berharap, masyarakat bisa memanfaatkan dermaga apung ini dengan baik dan menjaga secara berkelanjutan.

Desa Labuhan Jambu, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu desa di wilayah pesisir Pantai Teluk Saleh, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan telah ditetapkan sebagai desa wisata berdasarkan SK Bupati Sumbawa Nomor 678 Tahun 2017, dan SK Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 050.13-366 Tahun 2019.

Tak hanya membangun dermaga apung di Desa Labuhan Jambu, sejak 2015 hingga 2023 KKP telah menyalurkan bantuan pembangunan dermaga apung di 31 lokasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Baca juga: Gubernur NTB beri perhatian keberlangsungan wisata hiu paus
Baca juga: Pemprov NTB apresiasi bantuan Prancis untuk pengelolaan hiu paus