Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Jakpus) mendorong ibu rumah tangga meningkatkan pengasuhan terhadap anak agar menjadi cerdas dan berbakat dalam upaya mewujudkan generasi emas pada 2045.
"Ibu adalah pendidik yang pertama dan utama, selain itu pula pada saat masa kehamilan, ibu pula yang menjadi aktor penting dalam menjaga kesehatan si janin tersebut. Sehingga pengasuhan (parenting) berperan mewujudkan generasi emas 2045," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jakarta, Senin.

Baca juga: BKKBN ingatkan orang tua agar kembangkan pengasuhan positif pada anak

Dhany yang berbicara di dalam seminar tentang parenting bertajuk "Ibu Bahagia" berpesan agar ibu rumah tangga dan guru bisa membimbing anak secara optimal.
Sementara itu, Bunda PAUD Jakarta Pusat Ucu Jamilah menerangkan kegiatan ini diikuti sebanyak 400 peserta yang berasal dari para guru PAUD, Bunda PAUD tingkat kelurahan dan kecamatan, serta orang tua dan anak.

Baca juga: Penganiayaan balita di Jakut, KPAI desak RUU Pengasuhan Anak disahkan
Ucu menjelaskan kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur karena telah diberikan penerangan di setiap sudut kehidupan. Hal ini mengingat bahagia dapat diciptakan oleh diri sendiri.

"Jadi apabila dalam kehidupan sehari-hari si ibu menciptakan kebahagiaan, atau ayahnya juga menciptakan kebahagiaan, maka kebahagiaan itu akan menular juga ke anggota keluarga yang lainnya," ujar Ucu.

Baca juga: Polisi beri bantuan beasiswa dan pengasuhan bayi di Penjaringan
Terkait kebahagiaan, kata Ucu, pihaknya berharap kegiatan ini dapat membangun relasi yang baik kepada lingkungan sehingga energi positif akan terpancar.

Selain semina, kegiatan ini juga diisi penandatangan MoU antara Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat dengan penerbit Erlangga untuk peluncuran buku "Hari Pertama Masuk SD" karya Ucu Jamilah.