Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan pihaknya memiliki sejumlah strategi dalam menjaga kestabilan harga beberapa bahan pokok menjelang perayaan hari besar keagamaan termasuk Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

“Strategi stabilisasi harga Kemendag menjelang Natal dan tahun baru, yang pertama optimalisasi pemantauan,” ujar Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik, Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Sri Sugy Atmanto saat ditemui di Jakarta, Senin.

Adapun pemantauan harga berbagai bahan pokok secara real time dapat dilakukan melalui optimalisasi pemantauan lewat Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP).

Upaya lain yakni koordinasi lintas kementerian/lembaga untuk bersama-sama dalam mengendalikan inflasi di berbagai daerah.

Lewat koordinasi ini juga diharapkan mampu menjaga keberlangsungan sarana perdagangan salah satunya meliputi pasar.

Upaya lain agar kebutuhan bahan pokok yang meliputi beras, gula pasir hingga hewan ternak dapat terdistribusi dengan baik ke sejumlah wilayah di Indonesia termasuk wilayah tertinggal, terdepan dan terluar adalah lewat pengamanan distribusi.

Upaya lain yakni menghadirkan pasar murah bersama Badan Pangan Nasional untuk mendukung pasokan bahan pangan terjangkau di beberapa wilayah.

Lebih jauh, pihaknya juga telah mengusulkan agar pada saat masa angkutan natal dan tahun baru beberapa kebutuhan strategis dapat tetap terdistribusi lewat usulan pengecualian jenis barang yang dibutuhkan dalam mendukung keberlangsungan hari raya keagamaan.

Serta usulan berupa prioritas bongkar muat di pelabuhan hingga sosialisasi kebijakan pembatasan angkutan barang dengan menyerukan kepada pemilik barang yang diangkut untuk menyiapkan surat muatan sehingga dapat tetap terdistribusi selama masa libur natal dan tahun baru.

“Jadi jangan sampai barang yang diangkut tidak memiliki surat-surat yang dibutuhkan sehingga di perjalanan akan terhambat sehingga mengganggu arus lalu lintas tak hanya orang tapi juga barang,” pungkasnya.

Baca juga: Kemendagri minta pemda perhatikan kenaikan harga cabai hingga beras
Baca juga: Blusukan ke Pasar Dukuh Kupang, Jokowi: Saya lihat baik semuanya
Baca juga: Pemkab Gianyar gelar Gerakan Pangan Murah atasi harga bahan pokok naik