Jakarta (ANTARA) - Bulan Oktober 2024 menjadi bulan yang istimewa di Indonesia, meskipun tidak ada hari libur nasional atau cuti bersama, bulan ini tetap dipenuhi dengan berbagai perayaan hari besar yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi pada tanggal penting yang dapat diperingati.

Masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memahami dan merayakan berbagai peristiwa penting nasional.

Pada bulan ini, masyarakat biasanya merayakan peringatan tertentu, seperti Hari Kesaktian Pancasila pada setiap 01 Oktober, juga hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober, yang menjadi momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa.

Berikut hari-hari penting nasional pada bulan Oktober 2024:

1. Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesakitan Pancasila diperingati setiap 1 Oktober, sebagai pengingat akan mengenang tujuh pahlawan revolusi yang tewas dalam peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada tahun 1965. Hari ini bukan hanya sekadar mengenang tragedi, tetapi juga sebagai momen refleksi untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Baca juga: Memosisikan Hari Kesaktian Pancasila

2. Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Hari ini ditetapkan untuk menghargai dan melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia, yang diakui oleh UNESCO. Perayaan ini juga mendorong masyarakat untuk menggunakan batik dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga tradisi ini.


3. Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Hari TNI diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Hari ini merupakan momen untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa Tentara Nasional Indonesia dalam mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keamanan. Perayaan ini juga menjadi kesempatan untuk memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat.

4. Hari Tata Ruang Nasional

Hari Tata Ruang Nasional diperingati setiap tanggal 8 Oktober dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat di bidang penataan ruang dan sosialisasi kebijakan pemerintah tentang penataan ruang baik di pusat maupun daerah. Hari Tata Ruang Nasional telah diperingati sejak 2008.

5. Hari Parlemen Indonesia

Hari Parlemen Indonesia diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Tanggal ini ditetapkan untuk menghormati peran dan fungsi parlemen dalam sistem pemerintahan Indonesia, yang terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), melakukan berbagai kegiatan legislatif, serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lembaga legislatif dalam menjalankan demokrasi dan menyuarakan aspirasi rakyat.

Baca juga: Puan: Hari Parlemen momentum DPR RI perbaiki diri

6. HUT Golkar

Partai Golongan Karya (Golkar) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-60 pada 2024.

Partai Golongan Karya (Partai Golkar), sebelumnya bernama Golongan Karya (Golkar) dan Sekretariat Bersama Golongan Karya (Sekber Golkar), merupakan salah satu partai politik tertua di Indonesia. Partai Golkar didirikan pada tanggal 20 Oktober 1964 oleh Soeharto dan Suhardiman.

7. Hari Dokter Indonesia

Pada 24 Oktober 2024 akan diperingati Hari Dokter Indonesia yang erat kaitannya dengan pendirian organisasi dokter Indonesia.

Hari Dokter Indonesia ditetapkan bertepatan dengan kelahiran Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada 24 Oktober 1950 yang silam. IDI merupakan organisasi profesi kedokteran yang pemimpin dan anggotanya hanya dokter Indonesia dan tidak ada lagi dokter asing.

8. Hari Penerbangan Nasional dan Hari Listrik Nasional

Setiap 27 Oktober diperingati sebagai Hari Penerbangan Nasional. Hari Penerbangan Nasional diperingati untuk mengingatkan kita pada peristiwa sejarah 27 Oktober 1945 di mana Komodor Udara Agustinus Adisutjipto untuk pertama kalinya menerbangkan pesawat jenis Cureng dengan mengibarkan bendera Merah Putih.

Pesawat tersebut merupakan pesawat hasil rampasan perang dari tentara Jepang.

Baca juga: Kemenpora rayakan Sumpah Pemuda dengan acara semi festival di Monas

9. Hari Listrik Nasional

Hari Listrik Nasional diperingati setiap tanggal 27 Oktober. Peringatan ini ditetapkan bertepatan momentum nasionalisasi perusahaan-perusahaan listrik dan gas yang semula dikuasai penjajah Jepang. Setelah direbut oleh para pemuda dan buruh listrik, perusahaan-perusahaan tersebut kemudian diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia.

Selanjutnya melalui Penetapan Pemerintah No. 1 tanggal 27 Oktober 1945 dibentuklah Jawatan Listrik dan Gas. Tanggal 27 Oktober kemudian diperingati sebagai Hari Listrik Nasional yang tidak hanya milik PLN namun milik seluruh pemangku kelistrikan dan seluruh masyarakat Indonesia.

10. Hari Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Peringatan ini merayakan deklarasi Sumpah Pemuda yang diucapkan pada tahun 1928 di Batavia dan kini menjadi Jakarta.

Hari ini menegaskan semangat persatuan dan kesatuan antara pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan dan identitas bangsa. Hari ini menjadi momen penting untuk mengingat peran pemuda dalam perjuangan bangsa.

11. Hari Uang Nasional

Pada 78 tahun silam, tepatnya 30 Oktober 1946, uang kertas Republik Indonesia diedarkan untuk pertama kalinya. Setiap 30 Oktober diperingati sebagai Hari Uang Nasional dengan tujuan mengingatkan sejarah penting ketika Indonesia menerbitkan mata uangnya sendiri, yaitu Oeang Republik Indonesia (ORI), di tahun 1946 silam.

Baca juga: Kemarin, peringatan Maulid Nabi hingga bersiap hadapi Megathrust

Baca juga: Cegah demensia sedari muda agar menua berkualitas