Jakarta (ANTARA) -
Biseksual merupakan salah satu orientasi seksual di mana seseorang tertarik secara romantis atau seksual kepada lebih dari satu jenis kelamin, yaitu baik kepada pria maupun wanita. Istilah ini seringkali masih disalahpahami oleh masyarakat, sehingga penting untuk memberikan edukasi yang tepat mengenai biseksual.

Tidak seperti gay atau lesbian yang hanya tertarik pada sesama jenis, biseksual adalah orientasi seksual yang memiliki ketertarikan emosional, romantis, intelektual, dan seksual kepada pria maupun wanita. Jadi, apa sebenarnya biseksual itu dan bagaimana ciri-cirinya? Simak ulasannya berikut ini, yang dikutip dari berbagai sumber yang memahami hal ini.

Pengertian biseksual


Biseksual merupakan orientasi seksual di mana individu memiliki ketertarikan emosional, romantis, atau seksual kepada dua jenis kelamin. Tidak seperti heteroseksual yang tertarik kepada lawan jenis atau homoseksual yang tertarik kepada sesama jenis, biseksual tidak membatasi ketertarikan mereka pada satu jenis kelamin saja.

Namun, perlu dipahami bahwa biseksual tidak berarti memiliki ketertarikan yang sama kuat terhadap kedua jenis kelamin. Beberapa individu mungkin lebih tertarik pada satu jenis kelamin pada waktu tertentu, tetapi masih mengidentifikasi diri sebagai biseksual. Ini adalah bagian dari spektrum yang lebih luas terkait identitas seksual seseorang.

Baca juga: Pelecehan dan kekerasan seksual apa bedanya?
Ciri-ciri biseksual

Berdasarkan berbagai sumber resmi, berikut merupakan beberapa ciri yang dapat menunjukkan bahwa seseorang memiliki orientasi biseksual:

1. Ketertarikan pada pria dan wanita

Individu yang biseksual dapat merasakan ketertarikan emosional dan seksual baik kepada pria maupun wanita. Namun, intensitas ketertarikan ini bisa sangat bervariasi.

2. Berubah-ubah ketertarikan


Ketertarikan seseorang yang biseksual tidak selalu konstan. Pada beberapa waktu, mereka bisa merasa lebih tertarik kepada salah satu jenis kelamin, namun itu tidak mengubah orientasi biseksual pada mereka.

Baca juga: Apa itu kelainan seksual dan ciri-cirinya
3. Kebingungan awal

Banyak individu yang biseksual awalnya merasa bingung dengan orientasi seksual mereka karena norma sosial yang mengutamakan heteroseksual atau homoseksualitas. Seiring waktu, dengan refleksi diri dan pengalaman, mereka akan menyadari bahwa mereka tertarik pada lebih dari satu jenis kelamin.

4. Identifikasi diri

Biseksual menjadi orientasi yang diakui secara global. Mereka yang menyadari ketertarikan ini akan mengidentifikasi diri mereka sebagai biseksual meskipun masyarakat atau lingkungan sekitar mungkin masih memiliki pandangan yang terbatas.

Penting untuk dipahami bahwa jika Anda mulai menerima dan merasa nyaman dengan biseksual, itu dapat menjadi indikasi kuat mengenai orientasi seksual Anda. Orientasi seksual bersifat dinamis, dan hanya Anda yang dapat mendefinisikan seksualitas dalam diri sendiri.

Apabila Anda membaca informasi tentang biseksual dan merasa terhubung dengan identitas tersebut, kemungkinan besar Anda memang seorang yang biseksual.

Demikian penjelasan tentang biseksual beserta ciri-cirinya. Pelaku biseksual sering kali sulit dikenali, berbeda dengan pasangan gay atau lesbian yang cenderung menunjukkan tanda-tanda yang lebih jelas. Jika Anda atau seseorang yang dekat dengan Anda menunjukkan ciri-ciri tersebut, penting untuk mengambil langkah yang tepat sebelum situasi menjadi lebih rumit.

Baca juga: Mengenal heteroseksual dan penjelasannya

Baca juga: Orientasi seksual, pengertian dan jenis-jenisnya