Jakarta (ANTARA) - Dwigol penyerang Robert Lewandowski warnai kemenangan Barcelona atas tuan rumah Villareal, 5-1 pada pekan keenam Liga Spanyol yang berlangsung di Estadio de la Ceramica, Villareal, Minggu malam WIB.

Berstatus sebagai tim tamu, El Barca langsung mencoba menguasai penguasaan bola sejak menit pertama. Di sepuluh menit awal pertandingan, Barcelona mengurung pertahanan Villareal yang begitu rapat.

Menit ke-14 aksi individu dari Nicolas Pepe melewati dua pemain bertahan Barcelona menjadi ancaman pertama untuk Ter Stegen. Sayang tendangan dari Pepe masih bisa diantisipasi oleh Ter Stegen.

Enam menit berselang, Barcelona mengancam Villareal. Memanfaatkan umpan dari Pablo Torre, Robert Lewandowski langsung menyontek bola ke sisi kanan gawang yang tak dapat dijangkau Diego Conde. Barcelona unggul 1-0.

Di menit ke-35, Lewandowski menyambut bola hasil dari tendangan sudut, namun usahanya masih bisa digagalkan Conde. Tapi kapten timnas Polandia tersebut tanpa pengawalan yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang usai mendapatkan bola liar hasil tangkisan Conde. Barcelona unggul 2-0.

Baca juga: Merayakan gol-gol Robert Lewandowski

Tiga menit setelahnya, Pepe memperkecil kedudukan usai tendangannya dari dalam kotak penalti masuk ke sisi kanan gawang Ter Stegen. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tim tamu. Kedudukan tersebut juga bertahan hingga turun minum.

Barcelona menguasai 67 persen penguasaan bola sepanjang 45 menit pertandingan dengan melepaskan delapan tembakan. Meski tak terlalu menguasai tempo, Villareal juga total telah melepaskan delapan tembakan selama turun minum.

Usai turun minum, Villareal berpeluang menyamakan kedudukan pada menit ke-50. Namun gol yang dicetak oleh Thierno Barry tak disahkan oleh wasit karena proses terjadinya gol terdapat pemain yang offside.

Kerja sama apik antara Pedri dan Pablo Torre membuat Barcelona menambah keunggulan. Pada menit ke-58, melalui skema satu dua sentuhan, Pablo Torre memperoleh ruang yang langsung melesatkan tembakan untuk membawa Barcelona unggul 3-1.

Baca juga: Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen seusai tundukkan Villarreal

Di menit ke-65, Barcelona memperoleh hadiah penalti usai Lamine Yamal dilanggar oleh Eric Baily. Lewandowski yang menjadi algojo penalti gagal memaksimalkan peluang usai tembakannya membentur mistar gawang Conde.

Tiga menit berselang, Barry kembali mencatatkan namanya di papan skor usai sundulannya tak dapat diantisipasi Inaki Pena. Tapi untuk yang kedua kali, wasit tak memberikan gol kepada tim kapal selam kuning tersebut usai Barry dinyatakan berada di posisi offside.

Pada menit ke-75, Barcelona menggandakan keunggulan usai sontekan Raphinha meluncur ke gawang Conde. Skor 4-1 untuk keunggulan Barcelona.

Raphinha menutup pesta gol Barcelona atas Villareal. Memanfaatkan kerjasama kombinasi umpan dengan Yamal, Raphinha yang memperoleh ruang tembak dengan mudah menaklukkan Conde untuk kedua kali pada menit ke-83.

Skor 5-1 untuk keunggulan Barcelona bertahan hingga peluit akhir babak kedua ditiup.

Kemenangan ini mengantarkan Barcelona meraih enam kemenangan beruntun sekaligus menjadi pemuncak klasemen sementara dengan torehan 18 poin. Sedangkan Villareal harus tertahan di peringkat kelima klasemen dengan perolehan 11 poin.

Susunan pemain:

Villareal (4-4-2) :
Diego Conde (PG); Sergi Cardona, Eric Baily, Logan Costa, Kiko Femenia; Alex Baena, Dani Parejo, Santi Comesana, Yeremy Pino; Nicholas Pepe, Ayoze Perez.

Barcelona (4-3-3) : Marc Andre ter Stegen (PG); Jules Kounde, Sergi Dominguez, Inigo Martinez, Gerrard Martin; Eric Garcia, Pedri, Pablo Torre; Lamine Yamal, Raphinha, Robert Lewandowski.