Jakarta (ANTARA) - Satu assist dari calon bek naturalisasi tim nasional Indonesia Mees Hilgers membawa FC Twente menang 5-0 atas tuan rumah Almere City, yang diperkuat gelandang timnas Indonesia Thom Haye di Liga Belanda Eredivisie, Minggu.

Mees, yang main sejak menit pertama, mencatatkan assist untuk gol kelima FC Twente yang dicetak Anass Salah-Eddine. Keempat gol sisanya dilesakkan oleh Sem Steijn (dua gol), Sam Lammers dan Ricky van Wolfswinkel.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Yanmar, Almere, Belanda, itu, skuad tamu FC Twente lebih mendominasi jalannya laga.

Pihak Eredivisie mencatat, sepanjang laga, FC Twente menorehkan 60 persen penguasaan bola dan membuat delapan tembakan tepat ke gawang dari 14 kali percobaan.

Sementara Almere cuma dapat melepaskan empat tembakan akurat ke gawang juga dari 16 percobaan.

Pada pertandingan tersebut, gelandang Indonesia Thom Haye juga masuk dalam susunan sebelas pertama Almere City, sama seperti Mees Hilgers.

Baca juga: Profil Thom Haye, sang profesor lini tengah Timnas Indonesia

Akan tetapi, Thom ditarik keluar pada menit ke-57 untuk digantikan dengan Logan Delaurier Chaubet.

Adapun Mees Hilgers dianggap tampil impresif pada laga tersebut. Laman penyedia data statistik sepak bola Fotmob memberikan Mees nilai 8,1 untuk performanya atau terbaik keenam dari seluruh pemain kedua tim.

Fotmob menyebut Mees mampu membuat lima kali aksi bertahan selama pertandingan, lima kali halauan (clearence) dan tiga kali merebut bola dari penguasaan lawan (recovery).

Dengan kemenangan telak tersebut, FC Twente berada di peringkat keempat klasemen sementara Eredivisie dengan 11 poin dari enam laga.

Baca juga: Hilgers antar FC Twente taklukkan Heracles 1-0

Almere City FC terpuruk di zona degradasi teparnya di posisi ke-17, dari total 18 tim, lantaran baru mampu mengumpulkan dua poin dari enam pertandingan.

Terkait naturalisasi Mees, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa Keputusan Presiden untuk naturalisasinya dan satu pemain keturunan Indonesia lain dari Belanda yakni Eliano Reijnders sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Mees dan Eliano pun dijadwalkan mengucapkan sumpah setia sebagai WNI dalam satu pekan ke depan di Belanda.

Baca juga: PSSI targetkan Mees-Eliano perkuat timnas saat lawan Bahrain