Jakarta (ANTARA) - Aktris asal Australia Cate Blanchett berhasil menerima penghargaan Donostia di Festival Film San Sebastian Spanyol 2024 Sabtu malam (21/9).

Ditulis laman The Hollywood Reporter di hari yang sama, Blanchett yang dikenal karena perannya dalam film-film seperti The Aviator, trilogi The Lord of the Rings dan yang terbaru, Tár yang dinominasikan Oscar, diakui di pesisir Spanyol atas prestasinya dalam film.

Blanchett berbicara kepada hadirin setelah menerima penghargaan dari sutradara Disclaimer-nya Alfonso Cuarón.

Baca juga: Cate Blanchett kenakan gaun lama di Venice Film Festival 2020

“Sebagai warga Australia yang bekerja di luar negeri, saya memiliki hak istimewa yang luar biasa untuk melampaui banyak tubuh. Dan pekerjaan saya telah membawa saya ke Asia Tengah, ke Eropa, Amerika, ke Tiongkok, telah membawa saya ke seluruh dunia dan di sini sekarang di daerah Basque, di festival yang luar biasa semarak ini… Saya sangat tersanjung menerima penghargaan ini. Terima kasih San Sebastian. Terima kasih,” katanya.

Ketika menerima penghargaan, Blanchett menangis terharu saat mendapat pesan menyentuh dari George Clooney. Dalam pesannya Clooney mengapresiasi kinerja Blanchett sebagai seseorang yang sangat berbakat dan beruntung bisa mengarahkan dan beradu akting dengannya.

“Saya ingin mengatakan bahwa akting itu profesi, dan akting itu seni, dan kita mengakui seni itu... Saya cukup beruntung bisa mengarahkan dan berakting denganmu, dan kamu selalu membuat semua orang di sekitarmu merasa beruntung karena kita mendapat kesempatan untuk bekerja dengan seseorang yang sangat berbakat dan baik hati, dan saya bangga menyebutmu sebagai teman,” kata Clooney.

Baca juga: "Nightmare Alley" tayang di bioskop mulai hari ini

Hal itu membuat Blanchett terharu dan menyeka maskaranya setelah mendapat tepuk tangan meriah di Teater Kursaal San Sebastian. Clooney mengaku tidak bisa hadir karena sedang berada di Venesia.

Dalam pidato penghargaannya, ia mengatakan meskipun banyak ketidakpastian di dunia ini, tapi di dunia kreatif hal itulah yang menjadi DNA dalam memulai proyek apapun.

Blanchett telah meraih lebih dari 200 pengakuan dan penghargaan sepanjang kariernya yang panjang, termasuk dua Academy Awards dari enam nominasi. Ia telah memenangkan empat BAFTA dan empat Golden Globes.

Baca juga: Cate Blanchett pimpin penjurian Festival Film Venesia 2020

Ini adalah kunjungan pertamanya ke acara di San Sebastian, Spanyol, yang berlangsung pada 20-28 September, meskipun festival tersebut telah menayangkan sejumlah filmnya sebelumnya, termasuk Babel (2007) dan Veronica Guerin (2003). Mereka telah bersaing untuk mendapatkan hadiah utama, Golden Shell.

Penghargaan yang diterimanya pada Sabtu malam itu menandai kedua kalinya seorang aktor Australia diberi penghargaan kehormatan tertinggi di festival tersebut setelah Hugh Jackman pada tahun 2013. Tahun ini, warga negara Spanyol Javier Bardem dan Pedro Almodovar, yang filmnya The Room Next Door mendapat sambutan meriah selama 17 menit di Venesia awal bulan ini, juga menerima Penghargaan Donostia di festival tersebut.

Baca juga: Cate Blanchett diganjar penghargaan di Inggris

Baca juga: Cate Blanchett sutradarai serial televisi Australia