Jakarta (ANTARA) - Petinju Daniel Dubois berhasil mempertahankan gelar juara kelas berat International Boxing Federation (IBF) setelah menumbangkan Anthony Joshua dalam pertarungan di Stadion Wembley, London, Sabtu (21/9).

Dubois membutuhkan lima ronde untuk meratakan Joshua dengan pukulan knockdown (KO), setelah mendominasi pertandingan sejak ronde pertama.

"Apakah kamu tidak terhibur?" ujar Dubois sebagaimana dikutip dari laman resmi MMA fighting di Jakarta, Minggu.

Dubois melancarkan pukulan-pukulan kuat sejak bel pembukaan dan usahanya membuahkan hasil saat ia menjatuhkan Joshua dengan pukulan overhand kanannya di akhir ronde pertama.

Joshua mencoba memberikan perlawanan balik setelah nyaris KO, namun ia tidak pernah bisa menyerang dan menjatuhkan Dubois untuk menutup kesenjangan tersebut.

Memasuki ronde kedua, Dubois kembali melayangkan serangan dengan cepat yang menempatkan Joshua di posisi bertahan habis-habisan.

Petinju asal Inggris itu tidak terpengaruh oleh pukulan Joshua dan dia terus menekan untuk mencari penyelesaian. Serangannya hampir menuntaskan pertandingan di akhir ronde ketiga, ketika Joshua kembali dijatuhkan sebelum bel berbunyi.

Joshua terpeleset dan meluncur mengelilingi ring setelah mendapatkan tekanan meskipun dia tampil penuh semangat, tersenyum, dan menjulurkan lidah saat lawan menyerangnya.

Baca juga: Usman Nurmagomedov masih menjadi juara kelas ringan Bellator

Dubois mengakhiri pertarungan pada detik ke-59 ronde kelima dengan mendaratkan serangan balik yang menghancurkan Joshua, yang membuatnya berlutut dan tidak mampu menjawab hitungan wasit Marcus McDonnell.

Dengan kemenangan itu, Dubois yang sebelumnya memegang sabuk juara sementara berhasil mempertahankan gelar juara kelas berat IBF yang tak terbantahkan.

Ia mencatatkan 24 pertandingan dengan 22 kemenangan dan 2 kekalahan. Dari 22 kemenangan yang didapat Dubois, 21 di antaranya berakhir dengan KO.

Baca juga: Daud Yordan siap rebut gelar juara dunia di Laga Khatulistiwa
Baca juga: Tumbangkan Deines, Ramirez pertahankan sabuk kelas berat ringan WBA