Jakarta (ANTARA) - Muhammad Zaky Raihan dari Provinsi Aceh dan Tessa Lonika Kusuma Wardani Lengkong dari Provinsi Sulawesi Tengah terpilih sebagai Juara I Duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2024 dan siap menjadi panutan dalam mengedukasi para remaja terkait pembangunan dan ketahanan keluarga.

“Kita mencari role model (panutan) anak-anak muda yang kreatif. Mereka sudah bertanding dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga menjadi Duta Genre tingkat nasional untuk nantinya menjadi figur dan menyemangati anak-anak muda Indonesia tumbuh kreatif dan berprestasi," kata Pelaksana Harian Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Tavip Agus Rayanto dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

Malam puncak Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Generasi berencana (Adujak Genre) 2024 dilaksanakan di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Badung, Bali, pada Jumat (20/9).

Tavip mengemukakan, BKKBN bekerjasama dengan Genre menggelar kegiatan tersebut dalam rangka pemberdayaan remaja, di mana tugas BKKBN yakni melaksanakan advokasi, khususnya untuk dua program, yakni Pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana (Bangga kencana) dan percepatan penurunan stunting.

"Di situ ada siklus mulai dari anak, remaja, orang dewasa dan lanjut usia (lansia) juga diberdayakan. Salah satu aspek strategis adalah konselor sebaya karena Genre itu kalau melakukan advokasi dengan teman sebaya. Cara komunikasi, bahasanya lebih mudah diterima dibandingkan pemerintah yang penuh aturan," ujar dia.

Baca juga: Deputi KSPK: BKKBN sudah bentuk 80 ribu duta genre

Sementara itu, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa selaku tuan rumah mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini menginspirasi dan pemantik kami untuk lebih kreatif dan inovatif, sehingga Genre kita menjadi generasi berkualitas dan jadi harapan bangsa ke depan. Itu tujuan kami, menjadikan generasi yang sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk Indonesia ke depan, serta menjadi pribadi berkualitas dan mandiri," tuturnya.

Duta Genre merupakan perwujudan remaja yang memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku sebagai panutan untuk menyiapkan perencanaan yang matang dalam kehidupan berkeluarga.

Genre melakukan edukasi dengan pola perilaku sehat dan terhindar dari risiko Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), yakni menghindari pernikahan dini; narkoba, psikotropika, dan zat adiktif (napza); serta seks bebas.

Duta Genre juga diharapkan menjadi panutan dan sumber informasi bagi teman sebayanya tentang perencanaan kehidupan berkeluarga guna mewujudkan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.

Selain itu, Duta Genre berperan penting dalam menjembatani komunikasi dan interaksi generasi muda dengan pemerintah, swasta, serta seluruh pemangku kepentingan.

Tugas-tugas dari Duta Genre diharapkan menjadi figur teladan dan motivator di kalangan remaja, menggerakkan kesadaran kesehatan reproduksi, memberi inspirasi dan membina karakter, mendukung pendidikan, serta mempromosikan kesehatan mental sesuai dengan tema Adujak Genre 2024 yaitu "Jiwa Membara, Raga Terjaga, Menyala Genre Indonesia."

Setelah melalui penjurian, terpilih 14 besar pasangan Duta Genre yang memberikan pidatonya masing-masing, selanjutnya, para Duta Genre yang terpilih mengerucut menjadi lima besar yang diuji dengan berbagai pertanyaan dari dewan juri sehingga terpilih dua pasang Duta Genre 2024.

Baca juga: Kepala BKKBN minta syarat Duta Genre berpenampilan menarik dihapus
Baca juga: Duta genre solusi cegah remaja nikah dini