Banjarbaru (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) segera membuka Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, setelah pemerintah kabupaten setempat berkomitmen membangun kampus ULM di wilayahnya.

"Kami berterima kasih kepada bupati atas keinginannya membuka PSDKU di Balangan, ULM menyambut baik dan segera kita realisasikan," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarbaru, Sabtu.

Rektor menegaskan dibukanya PSDKU murni atas inisiasi Bupati Balangan H Abdul Hadi yang ingin daerahnya bisa lebih maju dalam bidang pembangunan pendidikan.

"Alhasil, disepakati dengan nama PSDKU Banua Anam Balangan dengan harapan pembukaan program studii ULM di wilayah itu dapat menjangkau daerah sekitarnya mencakup Kabupaten Balangan, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Tabalong," katanya.

Menurut dia, bupati meminta agar dibuka 13 program studi pada tahap awal penerimaan mahasiswa pada tahun 2025 mendatang.

Rektor pun menyanggupi mengingat syarat untuk membuka PSDKU telah memiliki jurusan yang sama dengan kampus utama dengan akreditasi A ataupun unggul.

"ULM saat ini memiliki 115 program studi dari 11 fakultas dan satu program pascasarjana yang 50 persennya sudah terakreditasi A ataupun unggul," ujarnya.

Baca juga: Menuju universitas kelas dunia, ULM raih 58 prestasi internasional

Sementara itu, Bupati Balangan Abdul Hadi mengatakan telah menyiapkan lahan seluas 15 hektare untuk tahap awal pembangunan kampus dan bisa diperluas sesuai kebutuhan ULM nantinya.

"Lokasinya di Paringin Selatan yang memang dalam rencana induk kami di situ menjadi pusat pendidikan dan pemerintahan," ujarnya.

Kemudian ada lahan tiga hektare untuk perkantoran pegawai ULM di jalan poros utama, sehingga setiap orang datang atau melintas di Balangan melihat dan mengetahui ada ULM.

Disiapkan pula lahan seluas lima hektare untuk praktik mahasiswa program studi yang berkaitan dengan bidang pertanian.

"Minimal anggaran kita siapkan Rp100 miliar pada tahap awal pembangunan sarana dan prasarananya agar bisa segera dibuka tahun depan," ucapnya.

Menurut Abdul Hadi, adanya ULM di daerahnya sejalan dengan programnya untuk pengembangan sumber daya manusia berpendidikan tinggi.

Baca juga: ULM perkuat jejaring internasional menuju 1.500 ranking dunia

Kemudian PSDKU juga diyakini berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat mengingat bakal banyak mahasiswa dari luar Balangan.

Dia mengungkapkan dengan luas wilayah 1.828 kilometer persegi dan jumlah penduduk di Balangan 136.520 jiwa saat ini merupakan paling sedikit di Kalsel.

Oleh karena itu, pihaknya ingin mendesain bagaimana Balangan cepat berkembang dan menjadi tempat tujuan orang datang.

Selain pariwisata, dia ingin pendidikan juga jadi daya tarik Balangan ke depan melalui PSDKU ULM.

"Bayangkan saja setiap prodi diisi 100 mahasiswa maka 13 prodi ada 1.300 mahasiswa dikalikan empat tahun untuk program sarjana, sehingga dipastikan banyak orang menetap di Balangan, ini memicu pertumbuhan ekonomi lebih pesat," katanya.

Diketahui kampus utama ULM saat ini ada di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru dengan jarak sekitar 200 kilometer dari Kabupaten Balangan.

Baca juga: ULM programkan revitalisasi menuju universitas kelas dunia

Selain di Balangan, ULM juga telah menyepakati pembukaan PSDKU di Kabupaten Kotabaru untuk tujuh program studi di daerah pesisir laut arah tenggara Kalsel itu.