Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI melalui Program Bank Makanan menyalurkan sebanyak 2.500 porsi makanan prasmanan untuk masyarakat ekonomi rentan di Kampung Nyomplong, Desa Kiarapandak, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Sebanyak 2.500 porsi makanan tersebut didistribusikan untuk masyarakat miskin di Desa Kiarapandak sebanyak 1.000 porsi, Desa Kiarasari 1.000 porsi, dan untuk ponpes setempat sebanyak 500 porsi.

"Tim Divisi Kemanusiaan BAZNAS Alhamdulillah telah mendistribusikan makanan dengan menu lengkap bagi masyarakat di Bogor. Kegiatan ini merupakan upaya BAZNAS dalam rangka memenuhi asupan gizi masyarakat rentan," kata Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan melalui keterangan di Jakarta, Sabtu.

Saidah mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Baznas dalam memperkuat solidaritas sosial di masyarakat, terutama bagi masyarakat yang rentan dan kurang mampu, sehingga banyak manfaat yang dapat dirasakan secara langsung dengan adanya kegiatan ini.

"Pendistribusian makanan ini juga diharapkan dapat memperkuat solidaritas sosial untuk turut serta dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Saidah juga mengatakan bantuan yang diberikan merupakan buah dari kebaikan yang terus dilakukan masyarakat melalui Baznas, sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat miskin.

"Tentunya Baznas mengucapkan terima kasih atas uluran tangan dari donatur yang telah berbagi dengan masyarakat rentan yang membutuhkan bantuan," ucap Saidah.

Diketahui, Program Bank Makanan merupakan salah satu upaya Baznas untuk menyelesaikan dua masalah besar yaitu mengurangi jumlah makanan yang terbuang sia-sia dan memberikan akses makanan sehat untuk orang yang kekurangan melalui pendekatan kolaboratif bekerja sama dengan berbagai pihak.

Baca juga: BAZNAS luncurkan balai ternak dan rumah kompos bagi mustahik di Jember
Baca juga: Baznas dorong optimalisasi teknologi dalam pengelolaan zakat