Deli Serdang (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mewakili Presiden Joko Widodo secara resmi menutup Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

"Saya mewakili Pemerintah Republik Indonesia dengan ini PON XXI tahun 2024, dengan ini saya menyatakan ditutup," kata Menko PMK menutup ajang empat tahunan tersebut di Stadion Utama Sumatera Utara di Kabupaten Deli Serdang, Jumat malam.

Muhadjir mengaku, menutup ajang tersebut sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo. Ia mewakili Kepala Negara memberikan selamat kepada para atlet yang telah meraih juara.

"Pada malam hari ini saya menjalankan tugas dari Bapak Presiden untuk menutup PON XXI," ujarnya.

Dia juga menuturkan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada semua pihak yang telah mengantarkan PON XXI ke pintu gerbang keberhasilan.

"Khususnya kepada seluruh masyarakat saya sampaikan terima kasih dan horas. Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu sekalian yang telah berkontribusi sehingga semua kegiatan berjalan dengan baik," tuturnya.

Muhadjir juga memberikan selamat kepada para atlet dan kontingen yang telah meraih juara dan prestasi.

"Sedangkan yang belum jangan berkecil hati, masih banyak kesempatan, masih banyak peluang untuk kalian semua akan meraih prestasi di masa yang akan datang," tambahnya.

Baca juga: Jawa Barat "hattrick" juara umum PON 2024

Kontingen Jawa Barat (Jabar) mengunci hattrick atau tiga kali juara umum secara berturut-turut, seusai mengamankan posisi pertama dalam klasemen perolehan medali ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Jabar mempertahankan juara umum setelah pertama kali diraih pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016 dan PON XX Papua 2021.

"Medali terbanyak dalam Pekan Olahraga Nasional ini direbut oleh kontingen Provinsi Jawa Barat," kata Ketua Umum (Ketum) KONI Marciano Norman saat memberikan sambutan dalam penutupan tersebut.

Marciano menyebutkan bahwa sebagai juara umum Pekan Olahraga Nasional, Jawa Barat memperoleh 196 medali emas, 163 medali perak, dan 180 medali perunggu.

"Selanjutnya diikuti oleh DKI Jakarta, lalu Jawa Timur, dan Sumatera Utara pada posisi empat. Selanjutnya Jawa Tengah pada posisi kelima, dan Aceh di posisi keenam," ujarnya.

Baca juga: Penampilan Nidji sempurnakan kemeriahan penutupan PON XXI Aceh-Sumut

Baca juga: Kolaborasi seni khas Sumut menghiasi penutupan PON 2024