Jakarta (ANTARA) - Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri mendengarkan penjelasan dari Wakil Gubernur Samarkand Rustam Kobilov terkait sejarah bangunan yang ada di Registan Square, salah satu situs bersejarah di Samarkand, Uzbekistan.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat malam, Megawati mengunjungi Registan Square usai berziarah ke Makam Imam Al Bukhari di Samarkand pada hari ini.

Megawati tampak ngobrol bersama Kobilov di depan Registan Square. Kobilov tampak menjelaskan fungsi bangunan yang didominasi warna biru tersebut.

Bangunan tersebut merupakan madrasah atau sekolah pada tahun 1400 hingga 1600-an. Ada tiga bangunan megah madrasah di Registan Square.

Baca juga: Megawati berdoa dan menangis di makam Imam Al Bukhari

Baca juga: Megawati kenang Soekarno kenalkan hadis riwayat Imam Bukhari


Kini, tiga bangunan megah tersebut telah menjadi pusat wisata terkenal di Uzbekistan yang selalu ramai didatangi turis dari dalam dan luar negeri. Megawati pun terlihat berfoto di depan Registan Square.

Setelah itu, rombongan yang mendampingi meminta kesediaan Megawati untuk berfoto bersama. Megawati pun melayani permintaan foto bersama itu.

Adapun rombongan yang mendampingi Megawati terdiri dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga, Guru Besar Fakultas Hubungan Internasional Universitas St Petersburg, Connie Rahakundini Bakrie, Wakil Ketua MPR sekaligus Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah, Ketua DPP PDIP Bidang Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri Ismail, Ketua DPP PDIP Bidang Pariwisata SB Wiryanti Sukamdani, serta pejabat KBRI Tashkent. Mereka bergantian berfoto bersama Megawati.