Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri La Ode Ahmad P. Bolombo berharap Lomba Desa dan Kelurahan 2024 yang bertajuk "Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan yang Berkualitas" dapat berkontribusi terhadap pencapaian target prioritas nasional terkait ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan.

Hal itu disampaikan La Ode dalam pemaparan calon juara Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2024 di Ruang Paramananda Kantor Ditjen Bina Pemdes, Jakarta, Selasa (17/9).

"Besar harapan saya bahwa penjaringan desa dan kelurahan berprestasi tingkat nasional tahun 2024 ini dapat terlaksana, dengan tetap menjaga integritas, netralitas, dan sportifitas dan akan menghasilkan desa dan kelurahan berprestasi yang akan menjadi percontohan bagi desa dan kelurahan lain di seluruh Indonesia," kata La Ode dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dia juga menambahkan bahwa Kepala Desa dan Lurah Juara Lomba Tingkat Regional serta Juara Evaluasi Desa Teladan PKAD akan diundang pada kegiatan pengembangan motivasi yang rencananya dilaksanakan di bali pada akhir Oktober.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Desa, Data Dan Evaluasi Perkembangan Desa Mohammad Noval mengatakan pemaparan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan lomba yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang valid desa dan kelurahan.

Baca juga: Kelurahan Parangtritis Bantul wakili DIY lomba desa tingkat nasional

Baca juga: Kemendes instruksikan pendamping desa ajak desa ikut Lomba Desa Wisata


Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Amilin sebagai dewan juri berharap kepada desa yang menjadi juara untuk tidak berpuas diri dan tetap melanjutkan apa yang menjadi keunggulan di daerahnya.

"Lomba Desa dan Kelurahan 2024 kali ini sangat kompetitif. Harapan saya bagi semua desa yang ikut lomba, tidak boleh berpuas diri, sehingga tetap berlanjut mengembangkan potensi dan menjadi role model bagi seluruh Desa yang ada di Indonesia," ujar Amilin.

Adapun Lomba Desa dan Kelurahan 2024 ini menjadi salah satu kegiatan yang mendapatkan support dari Program P3PD khususnya keterkaitan dengan Project Development Objective (PDO) P3PD.

"Maksud dan tujuan pelaksanaan pemaparan calon juara lomba adalah mendapatkan informasi yang valid atau kondisi real desa/kelurahan yang disampaikan langsung oleh desa/kelurahan bersangkutan untuk diuji dan dipastikan kebenarannya. Di mana selanjutnya dapat menentukan peringkat I, II & III tingkat nasional di tiap regional," jelasnya.

Sebagai informasi, yang mengikuti pemaparan Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2024 adalah Regional 1 dan Regional 2, yaitu Desa Tj. Haro Sikabu-Kabu Pd. Panjang Kec. Luak Kab. Lima Puluh Kota, Prov. Sumatera Barat; Desa Dayun Kec. Dayun Kab. Siak, Prov. Riau; Desa Bumi Daya Kec. Palas Kab. Lampung Selatan, Prov. Lampung; Desa Tulungrejo Kec. Bumiaji, Kota Batu, Prov. Jawa Timur; Desa Parangtritis Kec. Kretek Kab. Bantul, Prov. D.I. Yogyakarta; Desa Kutuh Kec. Kuta Selatan Kab. Badung, Prov. Bali.