Solo (ANTARA) - Perry Warjiyo yang kembali terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2024-2027 dalam Kongres ISEI di Solo, Jawa Tengah, menyatakan ISEI memberikan rekomendasi jangka pendek dan jangka panjang kepada pemerintah.

Usai terpilih melalui pelaksanaan kongres, di Solo, Jumat, Perry Warjiyo yang juga Gubernur Bank Indonesia (BI) itu, mengatakan ISEI memberikan rekomendasi untuk jangka pendek, di antaranya hilirisasi pangan perlu difokuskan pada komoditas yang membantu ketahanan pangan, stabilisasi harga, dan padat karya, seperti beras, cabai, bawang merah.

Sedangkan pada jangka panjang, dikatakannya, hilirisasi perlu diarahkan untuk produktivitas.

"Bagaimana kelembagaan perdagangan di daerah, termasuk strategi pembiayaannya. Pak Presiden berterima kasih atas sumbangsih rekomendasi kebijakan dari ISEI," katanya lagi.

Ia mengatakan hilirisasi di sektor pangan penting karena sektor tersebut memiliki peran yang besar, tidak hanya ke pertumbuhan ekonomi tetapi juga penyerapan tenaga kerja.

"Selain itu juga ketahanan pangan, pengurangan impor, dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan," katanya lagi.

Disinggung mengenai strategi konkret untuk langkah-langkah taktis tersebut, dikatakannya, ISEI akan membuat model khusus.

"Jadi langkah konkret bagaimana, terus komoditasnya juga bisa diperluas, seperti ditambah rumput laut, kopi, kakao," katanya pula.

Selain itu, ada beberapa komoditas yang diusulkan, seperti beras, cabai, dan bawang merah.

"Ini perlu dilakukan dan bagaimana ini bisa menciptakan lapangan kerja, khususnya golongan milenial. Kami akan menindaklanjuti dalam berbagai program ke depan. Kami akan sampaikan ke pemerintah pusat dan daerah," katanya.
Baca juga: ISEI: Ekonomi RI 10 tahun terakhir termasuk yang terbaik di dunia
Baca juga: ISEI sebut infrastruktur hingga hilirisasi fondasi kuat ekonomi RI