Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Kepulauan Seribu memasang lampu suar di 11 lokasi yang merupakan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) kapal di wilayah perairan kepulauan tersebut.

"Pemasangan ini sesuai arahan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta bahwa SBNP di wilayah Kepulauan Seribu adalah kebutuhan yang sangat penting untuk keselamatan pelayaran," kata Kepala Seksi Pembangunan Pelabuhan Sudinhub Kepulauan Seribu, Ahyus Wanto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Pada 2024 ini, Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Kepulauan Seribu melakukan pemeliharaan dan perawatan sarana SBNP di 11 lokasi yang tersebar di dua kecamatan dan enam kelurahan di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Menurut Ahyus, saat ini lokasi yang sudah terpasang lampu suar hingga 19 September 2024 yaitu, di Pulau Sepa sisi barat lampu suar warna hijau sebanyak satu unit.

Baca juga: Cuaca buruk, kapal milik Dishub terombang-ambing di Kepulauan Seribu
Baca juga: Kapal Dishub DKI mogok kehabisan BBM di Perairan Kepulauan Seribu


Kemudian di Gusung Matahari sisi barat lampu suar warna hijau datu unit Pulau Putri sisi barat lampu suar warna hijau satu unit dan di Pulau Karang Halimah sisi barat lampu suar warna hijau satu unit.
Di Karang Congka sisi barat lampu suar warna hijau satu unit, kemudian di Pulau Rosa sisi barat lampu suar warna hijau satu unit dan Pulau Panggang sisi Utara alur masuk dermaga selatan lampu suar warna hijau satu unit serta Pulau Panggang sisi barat lampu suar warna hijau satu unit.

Hingga saat ini masih ada tiga lokasi yang belum terpasang lampu suar SBNP, yakni di Pulau Kayu angin semut sisi barat satu titik dan dua titik di Pulau Pari.

"Perawatan dan pemeliharaan SBNP ini kita alokasikan anggaran sebesar Rp1,1 miliar," kata Ahyus.
Baca juga: Polisi duga kelalaian penyebab KM Paus meledak