Banda Aceh (ANTARA) - Tim Jawa Tengah dengan atletnya Assyifa Putri, Puspita Ratu dan Vetara Nabil mengunci perolehan emas ketiga pada cabang olahraga panahan di nomor nasional total beregu putri dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis.

Adapun emas pertama Jateng diperoleh dari nomor nasional putri dan emas kedua di nomor nasional beregu campuran.

Pada nomor nasional total beregu, perolehan medali merupakan kompilasi dari hasil kualifikasi pada Selasa (17/9) lalu. Skor individu di babak kualifikasi akan dijumlahkan berdasarkan tim nomor nasional beregu dari masing-masing provinsi.

Selanjutnya hasil penjumlahan itu akan diurutkan dari jumlah poin tertinggi ke terendah. Kemudian tiga regu dengan nilai tertinggi akan diambil untuk pengalungan medali.

Setelah Jateng di posisi pertama, Kalimantan Timur dengan atletnya Fatimah Az Zahra, Gavrila Ayundha dan Najww Andina menempatkan posisi kedua dan berhasil mengunci perak.

Kemudian di posisi ketiga yang mendapat perunggu berhasil diamankan tim tuan rumah Aceh dengan atletnya Karmila Indria, Rifaya Nailah dan Rihadatul Ais.

Cabang olahraga panahan memperebutkan 19 medali emas dalam PON XXI yang dilombakan lewat delapan nomor perorangan dan 11 nomor beregu pada 10-19 September 2024.

Baca juga: Panahan - Jateng kembali dulang emas di nomor nasional beregu campuran
Baca juga: Vetara dulang emas panahan untuk Jateng di nomor nasional putri
Baca juga: Memoar Seoul 1988 menuju mimpi Los Angeles 2028