Jakarta (ANTARA) - Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menjelaskan pertemuan Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jakarta, Kamis, diisi dengan diskusi membahas tantangan bangsa ke depan.

Dalam pertemuan itu, SBY juga menyampaikan kesiapannya membantu menyukseskan pemerintahan ke depan yang dipimpin oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Keduanya berbicara soal tantangan ke depan, dan Pak SBY siap membantu serta menyukseskan pemerintahan Pak Prabowo," kata Herzaky menjelaskan isi pertemuan SBY dan Prabowo saat dia dihubungi di Jakarta, Kamis.

Baca juga: SBY sambangi kediaman Prabowo, beri masukan untuk presiden terpilih

SBY menyambangi kediaman pribadi Prabowo di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, Kamis siang.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam itu, SBY memberikan masukan kepada Prabowo terkait tugas dan tantangannya ke depan sebagai Presiden Ke-8 RI.

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada wartawan saat dihubungi di Jakarta, Kamis, menyebut keduanya dalam pertemuan itu berdiskusi seperti biasa.

“Pak Prabowo mendengarkan masukan dari Pak SBY terkait tugas beliau dan tantangan kepemimpinan beliau lima tahun ke depan, mengingat kondisi geopolitik dan geostrategis yang sangat dinamis ke depan,” kata Dahnil.

SBY selepas bertemu Prabowo menolak menjawab pertanyaan wartawan yang menunggu di depan pagar rumah Prabowo. Dia memilih langsung meninggalkan kediaman Prabowo.

Baca juga: SBY sarankan Prabowo pisahkan KLHK agar efektif atasi perubahan iklim

Presiden Ke-6 RI itu terlihat keluar dari pintu rumah Prabowo pada pukul 14.15 WIB. Dia diantar oleh sang empunya rumah sampai depan kendaraan.

Di teras rumah, tepat di depannya ada mobil SBY terparkir, Prabowo dan SBY tampak bersalaman, kemudian Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sugiono dan Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo, putra semata wayang Prabowo, juga ikut menyalami SBY.

SBY, yang mengenakan baju safari berwarna biru, juga sempat memberikan hormat kepada Prabowo, yang tak lama dia juga memberikan salam hormat yang sama ke SBY. Keduanya terlihat berbincang singkat, kemudian SBY pun masuk ke dalam mobilnya dan meninggalkan rumah Prabowo.

Prabowo, Sugiono, dan Didit — sapaan Ragowo — juga kemudian masuk ke dalam rumah.

SBY dalam beberapa kesempatan termasuk saat peringatan HUT Demokrat di Jakarta bulan ini menyebut dirinya kerap berbincang-bincang dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

“Saya kerap berbincang-bincang dengan Presiden Terpilih. Beliau punya idealisme, punya agenda yang jelas, punya sasaran yang juga menurut saya tepat,” kata SBY mengomentari visi dan misi Prabowo saat acara peringatan HUT Ke-23 Partai Demokrat di Jakarta pada 9 September 2024.

Baca juga: SBY wakili alumni Akabri doakan kesuksesan Prabowo
Baca juga: Prabowo bakal pajang lukisan dari SBY di Istana Presiden yang baru