Mataram (ANTARA) - Perjuangan ekstra cabang olahraga tarung derajat berbuah manis di ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024, setelah dua medali emas yang ditargetkan berhasil ditunaikan dengan baik.

Ketua Pengprov Kodrat NTB Lalu Winengan mengatakan kedua medali emas yang di raih cabang tarung derajat tersebut berasal dari nomor tarung atas nama Dedi Iswari dan nomor seni gerak dari pasangan Agus dan Arkan.

"Selain dua emas, tarung derajat juga berhasil amankan medali perak dari Munawir dan medali perunggu dari Kurniawan," ujarnya melalui telepon dari Mataram, Kamis.

Pertandingan cabang tarung derajat yang berlangsung di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) berlangsung seru sejak babak penyisihan. Pada PON Aceh-Sumatera Utara 2024, cabang tarung derajat menurunkan 18 atlet. Terdiri dari delapan atlet kategori tarung dan sepuluh atlet kategori seni gerak.

Untuk kategori tarung, NTB turun di kelas 58,1-61 kilogram, 61,1-64 kilogram, 64,1-67 kilogram, 67,1-70 kilogram, 70,1-75 kilogram, 75,1-80 kilogram, 50-54 kilogram, dan 58,1-62 kilogram.

"Alhamdulillah kita sudah berjuang maksimal, dan kami berhasil tunaikan target dua emas," ujarnya.

Baca juga: NTB kirim 251 atlet ke pertandingan PON Aceh-Sumut

Ia mengatakan perjuangan seluruh atlet yang diturunkannya patut di apresiasi. Baik atlet yang mendapat medali maupun atlet yang belum beruntung. Karena seluruh atlet dilihatnya punya tantangannya masing-masing. Sehingga semuanya berhak mendapat apresiasi.

Adapun buat para atlet yang berhasil amankan medali. Raihan tersebut harus dipertahankan, terutama yang meraih emas. Sedangkan yang meraih perak, perunggu, dan yang belum raih medali. Mereka harus latihan lebih giat lagi. Supaya prestasi atlet di ajang yang akan datang bisa meraih yang terbaik.

"Selamat buat atlet kami yang raih emas, perak dan perunggu. Dan selamat juga buat seluruh atlet yang berjuang," Katanya.

Sementara itu, Pelatih Tarung Derajat NTB Dedi Noor Cholis dan Abdul Khair menyebut, perjuangan yang ditunjukkan sudah sesuai prediksi dan target dua emas sudah melalui perhitungan matang.

Salah satunya, di nomor seni gerak diakuinya sudah punya peluang. Sehingga meski nomor lain belum beruntung. Maka nomor Seni bisa menutupi kekurangan atletnya.

"Ini sudah menjadi prediksi kami. Dan Alhamdulillah sudah kami wujudkan," katanya.

Baca juga: 28 atlet perebutkan 14 medali emas di cabang tarung derajat
Baca juga: Menerbangkan tarung derajat jadi bela diri internasional