Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tunis menggelar Forum Bisnis Indonesia dengan mengusung tema "Kebudayaan dan Perdagangan di Era Digital" di Sousse, Tunisia pada Rabu (18/9) dalam upaya meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara.

"Sejak tahun 50-an, Indonesia dan Tunisia mempunyai komitmen yang kuat dalam meneguhkan hubungan bilateral kedua negara. Presiden Soekarno dan Presiden Habib Bourgaiba telah meletakkan fondasi yang kokoh agar kedua negara terus meningkatkan kerja sama ekonomi dan kebudayaan," kata Duta Besar RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi.

Melalui siaran pers KBRI Tunis yang diterima di Jakarta, Kamis, Dubes mengatakan bahwa KBRI Tunis memandang diplomasi ekonomi dan kebudayaan sebagai pintu masuk dalam membangun persahabatan yang hakiki demi kemaslahatan kedua negara.

Dubes juga menegaskan pentingnya diplomasi ekonomi dan kebudayaan dalam rangka meneguhkan hubungan bilateral Indonesia-Tunisia. "Prinsip dalam diplomasi adalah saling menghormati dan saling menguntungkan", katanya.

Menurut dubes, perlu juga mengembangkan kecerdasan ekonomi dalam rangka meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara.

"Kecerdasan ekonomi merupakan gagasan yang belakangan ini sangat populer, khususnya dengan memanfaatkan teknologi digital. Harapannya, Indonesia-Tunisia bisa bekerja sama dalam e-commerce," katanya.

Pada forum bisnis kali ini, lanjut dubes, pihaknya akan mengenalkan dua e-commerce karya anak muda Indonesia, yaitu Tokopedia dan Aruna untuk dikenalkan sekaligus dijajaki kerja sama di antara pelaku usaha kedua negara, khususnya kaum muda.

Sebab itu, katanya, kecerdasan ekonomi sangat penting dalam meningkatkan kerja sama ekonomi di masa mendatang.

Selain Dubes, Forum Bisnis Indonesia juga dihadiri KADIN Sousse, pengusaha Tunisia, Atase Perdagangan KBRI Kairo Muhammad Syahran Bakti, CEO Aruna Farid Naufal Aslam, Senior Public Policy and Government Relations Tokopedia Ilham Shidqi Nur Rahmat dan Traditional Textile Specialist Batik House Indonesia Venny Alamsyah.

Baca juga: Dubes: Indonesia dan Tunisia punya potensi pasar dagang yang menarik
Baca juga: KBRI Tunis promosikan kopi Indonesia di Tunisia