Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen tuan rumah Aceh melalui Musauwir, Dani Syahfitra, dan Bintang Afrial Maulana memperoleh medali perdana di cabang olahraga panjat tebing dari nomor lead tim putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

Pada pertandingan yang berlangsung di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Kamis, Musauwir dkk meraih medali perunggu usai memperoleh total poin 5.61.

Musauwir mengaku lega karena bisa menyumbangkan medali perunggu bagi Aceh yang menjadi tuan rumah PON tahun ini, sekaligus menjadi medali satu-satunya yang diraih pada cabang olahraga panjat tebing.

Meski demikian, ia sempat mengungkapkan sedikit kekecewaannya karena awalnya menargetkan medali emas, namun di nomor perlombaan yang lain.

"Kurang puas sih. Di lead perorangan putra menargetkan emas, tapi di final sedikit meleset. Mungkin belum rezeki saja. Ke depan, kami akan terus berlatih lagi," katanya.

Sementara itu, medali emas di nomor tersebut diraih Jawa Timur yang tampil prima sekaligus memperkuat posisinya sebagai pemuncak klasemen medali cabang olahraga panjat tebing. Jatim diperkuat oleh Putra Tri Ramadani, M Ryan Alfiandi, dan Yohanes Angel Rossy Que mendapatkan total poin 3,00.

Jatim kini mengoleksi total menjadi tujuh emas, lima perak, dan dua perunggu.

Baca juga: Panjat tebing - Alma Ariella dkk tambah emas untuk Jatim

Medali perak diraih oleh kontingen Papua yang diwakili Raviandi Ramadhan, Ravianto Ramadhan, dan Ahmad Faranza dengan total poin 3,24.

Pada PON Aceh Sumut, cabang olahraga panjat tebing telah memulai perlombaan sejak 6 September dan sesuai jadwal berakhir pada 19 September.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan 16 nomor, dan 15 nomor di antaranya sudah final, yakni combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri.

Kemudian, nomor boulder perorangan putra dan putri, lead perorangan putra dan putri, boulder tim putra dan putri, serta lead tim putra dan putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Baca juga: Panjat tebing - Jatim dipastikan tampil jadi juara umum
Baca juga: Panjat tebing - tiga emas diperebutkan di hari pamungkas