Banda Aceh (ANTARA) - Alma Ariella Tsany, Amanda Narda Mutia, Kharisma Ragil Rakasiwi, dan Nur Ismatul Sakdia menambah perolehan medali emas Jawa Timur pada nomor boulder tim putri cabang olahraga panjat tebing Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.

Pada pertandingan yang berlangsung di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Kamis, Alma Ariella dkk meraih skor tertinggi.

Kontingen Jatim mendapatkan empat top, empat zone, dengan delapan kali percobaan top dan lima kali percobaan zone.

Perolehan medali Alma Ariella dkk menambah deretan medali emas kontingen Jatim yang kini total menjadi enam emas, lima perak, dan dua perunggu.

Baca juga: Panjat tebing - Jatim dipastikan tampil jadi juara umum

Medali perak diraih kontingen Jawa Tengah, yakni Kirana Maharani Setyawan, Nafatika Astuti, Najiha Zahra, dan Desi Ratna Sari yang meraih tiga top dan empat zone, dengan percobaan top dan zone masing-masing enam kali.

Sedangkan medali perunggu diraih Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tim beranggotakan Sukma Lintang Cahyani, Naura Jinan Syarifah, Taqiya Nur Aziza, dan Amelia Windy Ariesta.

Sukma Lintang Cahyani dkk meraih skor dua top dan empat zone, dengan enam kali percobaan top dan 18 kali percobaan zone.

Pada PON Aceh Sumut, cabang olahraga panjat tebing telah memulai perlombaan sejak 6 September lalu dan sesuai jadwal berakhir pada 19 September 2024.

Baca juga: Panjat tebing - tiga emas diperebutkan di hari pamungkas

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan 16 nomor, dan 14 nomor di antaranya sudah final.

Yakni, combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri.

Kemudian, nomor boulder perorangan putra dan putri, lead perorangan putra dan putri, boulder tim putra dan putri, serta lead tim putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Baca juga: Panjat tebing - Final dua nomor ditunda akibat hujan deras
Baca juga: Pesona "Spiderman" kembar bersaudara kontingen Papua