Banda Aceh (ANTARA) - Tuan rumah Aceh dan Jawa Barat masing-masing mendapatkan dua medali emas dari pertandingan seni gerak cabang olahraga tarung derajat Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 di Bale Meuseuraya Aceh, Kota Banda Aceh.

Aceh mencatat nilai tertinggi pada getar berpasangan putri, setelah Rika Handayani/Ella M. mengalahkan lawan-lawannya dalam final.

Mereka menyisihkan Salsa Loka/Putri Fhonnia dari Jawa Barat dan Nur Hairiyah/Yani Dwi dari Sumatera Utara.

Medali emas kedua Aceh didapatkan dari seni gharang beregu putra, lewat M. Audie, Hengki, dan M.l Iksan, yang mengalahkan trio Jawa Barat Rizky N, Andyka, dan M. Nabil, serta Deni Karya, Fabio Salfa, dan Ari Susendra dari Jawa Tengah.

Sementara itu dua medali emas yang diraih Jawa Barat, didapatkan dari ranger tunggal putri setelah Jingga Matahari Drajat mengalahkan Hervina Nur dari Jawa Tengah dan Sasva Vannes dari Kalimatan Timur.

Baca juga: Tarung derajat - Bali borong tiga medali emas dari tarung bebas putra

Emas satunya lagi diperoleh Jawa Barat dari seni ranger tunggal putra, setelah Hazar Sagara mengalahkan Ricky Alvian dari Kalimantanm Timur dan Audie Lakasa dari Aceh.

Nusa Tenggara Barat mendapatkan medali emas dari seni getar, menyusul keberhasilan Muhammad Nabil dan Triaji dalam mengalahkan pasangan Sumatera Barat, Alex S. dan Alfadli Jambak, serta I Made Agung dan Arkan Fawwaz dari NTB.

Jawa Tengah tak ketinggalan, mereka mendapatkan emas dari Febri Nadya, Hervina, dan Esatarya yang memenangkan seni beregu, setelah menyingkirkan Ajeng Nur Akmalia, Salsa Loka dan Dila Nisrina dari Jawa Barat, dan Ella M, Khairatun, dan Vira dari Aceh.

Kalimantan Timur mendapatkan medali emas getar beregu campuran, setelah Daffa N, M. Marcel, Sasva Vannes, dan Georgina mengungguli Jawa Barat yang diperkuat Rizky N, Andyka, Ajeng, dan Dilla, serta M Arif, Dzikri Ilham, Ade Salsabila, dan Vira Nadya dari Aceh.

Baca juga: Tarung derajat rampungkan final nomor tarung bebas putri