Deli Serdang (ANTARA) - Pelari asal Jawa Barat Rikki Marthin Simbolon meraih dua medali emas dan satu medali perak dari berbagai nomor atletik pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

"Ini pertama kali saya ikut PON dan puji Tuhan bisa meraih dua emas dan satu perak. Ini semua tentunya akan semakin menjadi penyemangat bagi saya untuk mengikuti kejuaraan berikutnya," kata Rikki di Deli Serdang, Kamis.

Pelari kelahiran Sumatera Utara itu juga menyampaikan persiapan untuk menghadapi PON kali ini dilakukan cukup panjang dengan berlatih keras setiap hari guna mewujudkan target medali.

"Sempat nervous setiap menjalani laga, apalagi PON ini adalah ajang terbesar di tanah air, namun secara perlahan itu bisa dilewati. Terima kasih kepada pelatih dan tim ofisial yang selama ini dengan setia memberikan dukungan," katanya.

Rikki mempersembahkan medali emas pertama dari nomor lari 5.000 meter putra usai mencatatkan waktu 14 menit 35,66 detik.

Emas kedua diraih pria usia 29 tahun berdarah Batak itu dari nomor maraton setelah tampil terdepan dengan catatan waktu 2 jam 26 menit 27 detik.

Sementara medali perak diraih dari nomor lari 10.000 meter putra setelah mencatatkan waktu 31 menit 1,45 detik. Di nomor ini medali emas diraih Robi Syianturi dari Bangka Belitung yang mencatatkan waktu 31 menit 01,45 detik.

Baca juga: Diva pertahankan tradisi keluarga dengan pecahkan rekor lompat galah
Baca juga: Jabar rebut emas terakhir atletik PON 2024 dari maraton
Baca juga: Odekta Elvinas sumbang emas marathon putri untuk DKI Jakarta