Jakarta (ANTARA) – DAMRI meraih penghargaan dan predikat sebagai juara Platinum dalam Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Award 2024 dengan kategori Operator Bus Kota Besar Terbaik (dalam Pengelolaan PT Transportasi Jakarta).





Penghargaan diumumkan pada Kamis (19/9) di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat. Pada tahun ini, DTKJ Awards 2024 mengusung tema Transportasi Terintegrasi yang Inklusif dan Berkelanjutan untuk Jakarta Kota Global dengan tujuan mendorong pemenuhan hak bertransportasi yang berkeadilan bagi kaum disabilitas serta mendorong terciptanya transportasi yang aman, nyaman, inklusif, dan terintegrasi untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global.




Aspek yang dinilai oleh DTKJ ialah kesiapan DAMRI sebagai salah satu operator transportasi publik dalam memberikan kemudahan akses bagi warga disabilitas yang menggunakan jasa layanannya. "Manajemen DAMRI mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya atas penghargaan yang diberikan. Dalam memberikan layanan terhadap masyarakat, DAMRI berkomitmen memperhatikan dengan baik kebutuhan pelanggan prioritas, termasuk penyandang disabilitas, maka layanan lainnya akan secara otomatis terwujud dengan baik," ungkap Kepala Divisi Pelayanan DAMRI Ardini Dewi Ciptanti.




DAMRI dinilai memenuhi indikator penilaian dengan menyediakan aksesibilitas fisik seperti prasarana dan sarana transportasi serta aksesibilitas nonfisik dalam bentuk pelayanan informasi dan komunikasi serta kru yang sensitif disabilitas. DAMRI juga memastikan bahwa kemudahan akses infrastruktur ini dapat dirasakan dari awal naik bus hingga ke titik tujuan.




Sejumlah fasilitas yang disediakan seperti lift yang didesain ramah pengguna kursi roda, portable ramp bagi pengguna kursi roda, hingga area duduk khusus penumpang prioritas di dalam bus. Seluruh ketersediaan ini diatur pula dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diberlakukan di DAMRI.




Penghargaan ini selaras dengan komitmen DAMRI dalam menyediakan transportasi yang aman, nyaman dan dapat diandalkan oleh semua lapisan masyarakat. "DAMRI sebagai BUMN Transportasi Jalan Tunggal mendukung berbagai upaya pemerintah bersama dengan DTKJ mewujudkan transportasi publik yang aman, nyaman, dan ramah disabilitas," tutup Ardini.