Banda Aceh (ANTARA) - Atlet panahan Vetara Nabil Yahya Hartanto menyumbang medali emas bagi Jawa Tengah setelah mengalahkan atlet Kalimantan Timur Gavrila Ayundha Eka Purwanto 7-3 di partai final nomor nasional putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis.

Medali emas tersebut merupakan emas kedua bagi Jawa Tengah setelah sebelumnya juga meraih emas di nomor compound beregu putri.

Pertandingan berakhir seri pada tembakan pertama sehingga Vetara dan Gavrila masing-masing mengumpulkan satu poin.

Vetara kemudian berhasil unggul pada tembakan kedua dan ketiga sehingga empat poin bertambah di kantong Vetara.

Gavrila sempat mengejar ketertinggalan dengan unggul pada tembakan keempat, sehingga skor menjadi 5-3 masih untuk keunggulan Vetara.

Vetara mengunci perolehan emas dengan unggul pada tembakan kelima, sehingga skor akhir menjadi 7-3 untuk kemenangan Vetara. Gavrila pun harus puas mendulang perak dari pertandingan partai final itu.

Sementara itu pada perebutan posisi ketiga, atlet Sumatera Utara Shafaul Qolbi berhasil merebut perunggu dengan mengalahkan atlet Kalimantan Timur Najwa Andina Azzahra dengan skor 7-3.

Adapun cabang olahraga panahan memperebutkan 19 medali emas dalam PON XXI yang dilombakan lewat delapan nomor perorangan dan 11 nomor beregu pada 10-19 September.

Baca juga: Meditasi jadi modal Vetara hadapi angin kencang di semifinal panahan
Baca juga: Panahan - DIY kunci emas di nomor nasional beregu putra
Baca juga: Panahan-Jakarta menangkan final sengit compound beregu campuran