Jakarta (ANTARA) - Puluhan pengusaha asal Provinsi Jiangxi, China, mengadakan pertemuan dengan perwakilan Indonesia China Business Council (ICBC) untuk menjajaki peluang investasi pembangunan pabrik di Indonesia.

Delegasi pengusaha tersebut berasal dari beragam sektor industri, di antaranya produsen tas perjalanan, obat-obatan, hingga furnitur untuk sekolah.

"Hal yang paling umum mereka tanyakan adalah terkait iklim investasi dan fasilitas apa saja yang disediakan oleh pemerintah Indonesia," kata Wakil Ketua Harian ICBC Hasan Kosasih Koh dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor ICBC di Jakarta pada Rabu (18/9).

ICBC berjanji membantu para calon investor asal China untuk masuk ke Indonesia dengan syarat menguntungkan Indonesia. Oleh karenanya, dia meminta para calon investor untuk membangun rantai pasokan produksi lokal, dan tidak hanya menjadikan Indonesia sebagai lokasi perakitan.

Selain itu, dia juga menekankan pemerintah Indonesia perlu meningkatkan kemudahan investasi guna menarik lebih banyak modal asing.

Hasan mengungkapkan permintaan untuk menjajaki investasi dari pengusaha China belakangan ini cukup tinggi. ICBC telah mengadakan pertemuan dengan sejumlah pengusaha dari provinsi di China lainnya dalam beberapa pekan terakhir.