Banda Aceh (ANTARA) - DI Yogyakarta dengan atletnya Haidar Nauca Zhafran mengunci perolehan emas setelah menundukkan atlet Jakarta Zaki Malique Iyadin 6-2 di final nomor nasional putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis.

Perolehan emas tersebut merupakan emas keempat bagi DI Yogyakarta setelah provinsi istimewa itu juga menyabet emas di nomor compound putra dan compound beregu putra.

Haidar sempat tertinggal 2-0 pada tembakan pertama, namun pada tiga tembakan berikutnya, Haidar berhasil mengumpulkan enam poin tanpa balas sehingga menjadikan skor akhir 6-2 untuk kemenangan Haidar.

Adapun awalnya di babak eliminasi perenambelas, Haidar berhasil menundukan atlet Sumatera Utara Muhammad Bening dengan skor tipis 6-4.

Kemudian di perdelapan final, Haidar bertemu atlet Kepulauan Riau Syahdan Syahruddin, lagi dengan skor tipis 6-4.

Selanjutnya di babak perempat final, Haidar kembali menundukan atlet tuan rumah Aceh Mursyidan Zhafiri lagi-lagi dengan skor 6-4.

Hingga kemudian Haidar mencukur atlet Jawa Tengah Wisanggeni Noor Ahmadineja di semifinal dengan skor 6-2.

Sementara itu Zaki awalnya berhasil menang telah 6-0 pada babak perenambelas dan perdelapan final, lalu kembali menang 6-2 di babak perempat dan semifinal.

Diketahui, cabang olahraga panahan memperebutkan 19 medali emas dalam PON XXI yang dilombakan lewat delapan nomor perorangan dan 11 nomor beregu pada 10-19 September 2024.

Baca juga: Panahan - Haidar ke final nasional putra berkat membaca arah angin
Baca juga: Panahan - Pertandingan nomor nasional beregu ditunda lantaran badai