Surabaya (ANTARA) - Pengurus Provinsi Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jawa Timur cukup puas dengan prestasi atletnya yang meraih dua medali emas dan satu medali perunggu pada Pekan Olahraga Nasional XXI Tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Ketua Umum Pengprov Kodrat Jatim Bambang Haryo Soekartono mengatakan tarung derajat Jatim telah mengukir sejarah baru karena untuk kali pertama berhasil meraih dua medali emas pada pesta olahraga nasional empat tahunan itu.

"Prestasi luar biasa bagi kami, ini adalah sejarah baru dengan dua emas. Delapan tahun lalu tarung derajat Jatim pernah mendapat satu emas pada PON Jabar," kata Bambang Haryo dalam keterangan persnya kepada ANTARA di Surabaya, Kamis, usai menyaksikan langsung pertandingan final cabang olahraga tarung derajat di Balee Musueraya, Aceh.

Dua medali emas untuk kontingen Jatim itu diraih Satriawan Drajat yang mengalahkan Diar Muhammad dari Jawa Barat pada kelas 49,1–52 kilogram putra dan Aryo Pandu yang turun di kelas 55,1–58 kilogram putra dengan menundukkan Lukman Hakim dari Provinsi Kepulauan Riau. Sementara satu medali perunggu disumbangkan petarung putri Syarifah.

"Dua medali emas ini kita persembahan untuk seluruh masyarakat Jawa Timur. Selamat juga untuk kontingen lain dan sepak bola Jatim yang kemarin juga mendapatkan medali emas," ucap calon anggota DPR RI yang akrab disapa BHS.

Kekuatan tarung derajat Jatim sempat dipandang sebelah mata setelah gagal meraih medali emas pada PON XX Tahun 2020 di Papua. Namun, kegagalan itu langsung dievaluasi dan ditebus dengan persiapan panjang melalui pemusatan latihan daerah mandiri untuk menghadapi PON 2024.

"Persaingan pada PON kali ini sangat ketat, tetapi alhamdulillah kita bisa mendapatkan dua medali emas dan satu perunggu. Ini kerja keras kita semua, atlet, pelatih, ofisial, dan Ketua Umum Kodrat Jatim yang selalu memberikan arahan kepada kami," ucap Ketua Harian Pengprov Kodrat Jatim Erwin H. Poedjono.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jatim Muhammad Nabil memberikan apresiasi kepada atlet tarung derajat yang berhasil menyumbangkan dua medali emas untuk kontingen Jatim.

"Selamat buat tarung derajat atas torehan medali emasnya. Ini bukti bahwa persiapan yang matang akan memberikan hasil maksimal," katanya.

Baca juga: Kalbar dan Jateng pastikan satu medali emas di cabang tarung derajat