Aceh Timur (ANTARA) - Jawa Tengah (Jateng) berhasil merebut medali emas cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 nomor regu putri usai mengalahkan Jawa Barat (Jabar) di partai final.

Bertanding di Gedung Idi Sport Center, Idi, Kabupaten Aceh Timur, Kamis, Jawa Tengah memenangi partai puncak tersebut setelah mengalahkan Jawa Barat dengan skor 2-0 (15-5 dan 15-13).

Bermain di awal set pertama, Jawa Tengah langsung memimpin 5-1. Keunggulan tersebut terus bertambah. Hingga memasuki pertengahan set pertama, anak-anak Jawa Tengah unggul enam poin, 7-1.

Keunggulan tersebut terus berlanjut. Jawa Tengah memimpin dalam pengumpulan poin 11-7 hingga menutup pertandingan set pertama dengan kemenangan 15-5.

Bermain di set kedua, pemain Jawa Barat tampak lebih berani menyerang, sehingga unggul 6-1. Jateng yang tertinggal lima poin terus berupaya menyamakan menyeimbangkan pengumpulan angka.

Jawa Tengah mampu memperkecil ketertinggalan poin pada di pertengahan set kedua menjadi 7-8. Jawa Barat kembali mampu mencuri dua poin sehingga unggul 10-7.

Jawa Tengah yang tidak ingin kecolongan poin mampu memperpendek menjadi 10-9. Jabar terus melaju dalam perebutan poin hingga 13-10.

Akan tetapi, keunggulan tersebut tidak mampu dipertahankan setelah Jawa Tengah meriah tiga poin beruntun, sehingga poin menjadi imbang 13-13. Jawa Tengah berhasil berebut dua poin tersisa dan mengakhiri pertandingan 15-13.

Dengan kekalahan tersebut, Jawa Barat berhak atas medali perak. Sementara, medali perunggu diraih Jambi dan Sulawesi Tengah.

Pada pertandingan tersebut, Jawa Tengah yang dilatih Nurkholis dan Panji Kerso bermaterikan pemain yakni Friska Kharisma Indrasari, Ninda Annisa Nurmahamidah, Evana rahmayanti, Dona Aulia, dan Rikha Khilmiyati.

Sedangkan Jawa Barat dengan pelatih Ade Badruzzaman dan Yudo Geri M bermaterikan pemain Lena, Leni, Shanty, Diyah, dan Rizka. Jawa Barat dengan manajer Sucipto.

Baca juga: Sedikitnya 13 atlet sepak takraw cedera sepanjang PON XXI

Baca juga: Sepak takraw - Jabar dan Jateng lolos ke final regu putri